Muhaiminan, Ahmad (2022) INTERNALISASI NILAI DASAR ṢALIH AKRAM DALAM TANTANGAN ARUS GLOBALISASI (STUDI KASUS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI MI PERGURUAN ISLAM MATHALI’UL FALAH KAJEN). skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
1. ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (685kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (960kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (747kB) |
Abstract
Muhaiminan, Ahmad. 2022. Internalisasi Nilai Dasar Ṣalih Akram Dalam Tantangan Arus Globalisasi (Studi Kasus Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di MI Perguruan Islam Mathali’ul Falah Kajen). Skripsi. Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Muhammad Jamil, Lc., M.Pd. Shalih dan akram merupakan dua kata yang tampaknya simple, namun sesungguhnya mengandung makna mendalam sekaligus penuh prasyarat yang tidak mudah untuk meraihnya. Dua kata ini seakan menjadi jargon Mathali'ul Falah dalam mendidik siswanya. Alur tafaqquh fiddin kemudian menjadi jelas ending yang ingin diraih yaitu pembelajaran ilmu-ilmu keagamaan yang dirumuskan pada cita-cita menjadikan anak didiknya cerdas dan berkarakter, yakni sosok shalih dan akram. Tujuan ini menjadi titik temu yang senantiasa kontekstual pada hakikat bentukan pendidikan, yaitu pendidikan bertujuan membentuk pribadi berkarakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk :mendeskripsikan prinsip nilai-nilai dasar salih akram pada siswa Madrasah Ibtidaiah Perguruan Islam Mathali‟ul Falah Kajen Margoyoso Pati, dan mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai dasar salih akram pada siswa Madrasah Ibtidaiah Perguruan Islam Mathali‟ul Falah Kajen Margoyoso Pati. Dalam melakukan penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitiandeskriptif kualitatif. Sedangkan metode untuk pengumpulan data yang di pakai adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: prinsip nilai-nilai dasar salih akram yaitu hirs, amanah, tawadhu‟, istiqomah, uswah hasanah, zuhud, kifah mudawamah, i‟timad ala nafs, tawashuth, barakah. Internalisasi nilai-nilai salih akram pada siswa Madrasah Ibtidaiah Perguruan Islam Mathali‟ul Falah melalui: keteladanan, kisah, dan membangun kurikulum yang integral, adanya tata tertib, membangun budaya agung. Dampak internalisasi nilai-nilai dasar salih akram pada siswa Madrasah Ibtidaiah Perguruan Islam Mathali‟ul Falah dilihat dari dampak jangka pendek ketika siswa masih bersekolah dimana sikap mereka sangat baik dengan menerapkan prinsip nilai dasar salih akram; dampak jangka panjang ketika siswa sudah menjadi alumni Mathali‟ul Falah dimana mereka masih memegang kuat aturan-aturan Mathali‟ul Falah. Hambatan internalisasi nilai-nilai dasar salih akram pada siswa Madrasah Ibtidaiah Perguruan Islam Mathali‟ul Falah adalah pengaruh lingkungan luar sekolah dan perkembangan teknologi. Maka solusi yang ditempuh untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu harus ada kerja sama antara penanggung jawab pendidikan antara lain keluarga, sekolah, dan masyarakat serta mengenalkan nilai-nilai aswaja dan memberikan mauidhoh hasanah. Kata Kunci: Internalisasi Nilai, Nilai Salih Akram, Pendidikan karakter.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi Nilai, Nilai Salih Akram, Pendidikan karakter. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 03:12 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 03:12 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/433 |
Actions (login required)
View Item |