KONSEP MENGAJAR GURU MENURUT IMAM AL-NAWAWI DALAM KITAB AL-TIBYĀN FĪ ĀDĀBI HAMALATI AL-QUR’ĀN DAN IMPLIKASINYA PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 02 REMBANG TAHUN AJARAN 2019/2020

Aidi, Muhammad Luthfi Ulil (2020) KONSEP MENGAJAR GURU MENURUT IMAM AL-NAWAWI DALAM KITAB AL-TIBYĀN FĪ ĀDĀBI HAMALATI AL-QUR’ĀN DAN IMPLIKASINYA PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 02 REMBANG TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
1. HALAMAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (451kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
9. BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)

Abstract

Aidi, Muhammad Luthfi Ulil. 2020. Konsep Mengajar Guru Menurut Imam anNawawi dalam Kitab at-Tibyān fī Ādābi Hamalati al-Qur‟ān dan Implikasinya pada Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 02 Rembang Tahun 2019/2020. Skripsi. Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Anwar Sarang. Pembimbing Muhammad Jamil, M.Pd.I Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui konsep mengajar menurut Imam al-Nawawi dalam kitabnya at-Tibyān fī Ādābi Hamalati al-Qur‟ān, dan juga untuk mengetahui Implikasinya terhadap pelaksanaan pembelajaran bahasa arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 02 Rembang. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analisis. Tempat penelitian adalah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 di Kecamatan Sale Kabupaten Rembang. Sumber data adalah kitab at-Tibyān fī Ādābi Hamalati al-Qur‟ān dan guru bahasa arab di Madrsaah Ibtidaiyah negeri 02 Rembang. Teknik pengumpulan data dengan analisis teks kitab at-Tibyān fī Ādābi Hamalati al-Qur‟ān dan juga melalui observasi, wawancara, dokumentasi guru bahasa arab di Madrasah Ibtidaiyah negeri 02 Rembang dengan sampel kelas 3 B dan 6 B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa arab yang dilaksanakan oleh guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 02 Rembang selaras dengan konsep mengajar menurut Imam al-Nawawi dalam kitabnya at-Tibyān fī Ādābi Hamalati al-Qur‟ān dalam enam hal, yakni (1) Ikhlas karena Allah Subḥanahu wa Ta‟ālā, (2) Bersemangat dalam mengajar, (3) Berperilaku Baik, (4) Memperlakukan siswa dengan baik, (5) Menjaga Ilmu, (6) Mempersiapkan pembelajaran dengan baik

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Tafsir Tarbawi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 12 Aug 2023 03:33
Last Modified: 12 Aug 2023 03:33
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/4

Actions (login required)

View Item View Item