PERBANDINGAN KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB MAU’IẒATU AL-MU’MINĪN KARYA SYAIKH MUHAMMAD JAMALUDDIN AL-QASIMI DAN KITAB AYYUHĀ AL-WALAD KARYA IMAM AL-GHAZALI

Assadadi, Ahmad Albadawi (2023) PERBANDINGAN KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB MAU’IẒATU AL-MU’MINĪN KARYA SYAIKH MUHAMMAD JAMALUDDIN AL-QASIMI DAN KITAB AYYUHĀ AL-WALAD KARYA IMAM AL-GHAZALI. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
bab 1.pdf

Download (702kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI Albadawi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (702kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (687kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)

Abstract

Assadadi, Ahmad Albadawi. 2023. Perbandingan Konsep Pendidikan Karakter dalam Kitab Mau’iẓatu al-Mu’minīn karya Syaikh Muhammad Jamaluddin al-Qasimi dan Kitab Ayyuhā Al-Walad karya Imam al-Ghazali. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Muhammad Jamil, Lc., M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adannya berbagai fenomena kemerosotan moral, fenomena tersebut bisa teradi karena kurangya iman, lingkungan sekitar, maupun pendidikan yang kurang mengedepankan akhlak. Dengan adannya hal tersebut, maka penulis ingin meneliti dan mendalami bagaimana konsep pedidikan karakter yang diajarkan oleh ulama-ulama terdahulu, sehingga mampu menghantarkan generasi bangsa yang berkarakter baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan karakter dan perbandingannya dalam kitab mau’iẓatu al-Mu’minīn dan kitab ayyuhā al-Walad. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep pendidikan karakter dalam kitab mau’iẓatu al-Mu’minīn antara lain: 1) Mengajarkan anak patuh kedua orang tua. 2) Mengerjakan perilaku baik dan menajuhi perilaku buruk. 3) Mendidik untuk hidup sederhana. 4) Menanamkan rasa malu. 5) Melaksanakan sholat. 6) Beretika ketika makan. 7) Melarang anak berkata jelek. 8) Memberikan waktu bermain kepada anak. 9) Mengajak anak berolahraga. 10) Melarang anak untuk saling pamer. 11) Mengajarkan anak untuk tidak suka meminta. 12) Melarang anak berbohong. Sedangkan sedangkan pendidikan karakter dalam kitab Ayyuhā AlWalad antara lain: 1) Niat mencari ilmu untuk agamanya. 2) mengutamakan berlajar yang wajib. 3) bangun malam untuk beribadah. 4) menghormati guru. 5) harus memiliki pendirian dan netral dalam sesama. 7) Bertawakkal. 8) Ikhlas, tidak boleh pamer. 9) Tidak boleh bertengkar. 10) Tidak menyia-nyiakan kesempatan. 11) Intropeksi diri. 12) Kerja keras. 13) Bijak dalam mengatur waktu. Kata Kunci: Pendididikan Karakter, Mau’iẓatu al-Mu’minīn, Ayyuhā alWalad.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendididikan Karakter, Mau’iẓatu al-Mu’minīn, Ayyuhā alWalad.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2023 14:02
Last Modified: 27 Aug 2023 14:02
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/354

Actions (login required)

View Item View Item