KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TAYSĪR AL-KHOLĀQ KARYA HAFIDZ HASAN AL-MAS’UDI DAN RELEVANSINYA DENGAN KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DI DALAM KURIKULUM 2013

Muniroh, Nira (2021) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TAYSĪR AL-KHOLĀQ KARYA HAFIDZ HASAN AL-MAS’UDI DAN RELEVANSINYA DENGAN KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DI DALAM KURIKULUM 2013. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (891kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (827kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN DAN CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Muniroh, Nira. 2021. Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Taysīr al-Kholāq karya Hafidz Hasan Al-Mas‟udi dan Relevansinya dengan Konsep Pendidikan Karakter di dalam Kurikulum 2013. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Zainal Arifin, M.Pd. Hafidz Hasan al-Mas‟udi adalah salah satu tokoh agama pembaharu Islam. Kitab Taysīr al-Kholāq adalah salah satu kitab yang ditulis untuk memperbaiki akhlak manusia. Kitab ini penting untuk diteliti karena membahas akhlak yang relevan dengan tujuan Kurikulum 2013, di antaranya penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak dalam kitab Taysīr al-Kholāq, mengetahui konsep pendidikan karakter Kurikulum 2013, dan mengetahui relevansi pendidikan akhlak dalam kitab Taysīr al-Kholāq terhadap konsep pendidikan karakter di dalam Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan desain deskripstif. Sumber data primer penelitian ini adalah kitab Taysīr alKholāq dan buku Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah kitab Akhlak Mulia Terjemah Kitab Taysīr al-Kholāq dan buku Pendidikan Karakter di Sekolah, atau jurnal penelitian lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, uji keabsahan data menggunakan uji dikonfirmasi (confirmability). dan teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kitab Taysīr al-Kholāq karya Hafidz Hasan al-Mas‟udi terdapat 31 bab, dari 31 bab tersebut yang diteliti, yaitu bab ke2 adab seorang guru dan bab ke-3 adab seorang murid. Adab seorang guru berisi tentang sikap takwa, tawaduk, sabar, berwibawa, penyayang, memberi nasihat yang baik dan tidak memaksakan kemampuan seorang murid. Adab seorang murid dibagi menjadi tiga, yaitu adab seorang murid dengan dirinya sendiri, adab seorang murid dengan gurunya, dan adab seorang murid dengan sesama teman/saudara-saudaranya. Konsep pendidikan karakter Kurikulum 2013 yang terdapat dalam buku Konsep dan Model Pendidikan Karakter secara garis besar memiliki tiga pembahasan, yaitu konsep pendidikan karakter tradisional di Indonesia. Konsep pendidikan karakter di negara barat yang mengacu pada konsep karakter Lickona, dan konsep pendidikan karakter di Indonesia saat ini yang berakar dari ragam adat istiadat atau budaya, agama, dan kepemimpinan yang termanivestasi dalam 18 karakter yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Kitab ini juga relevan terhadap sepmbilan nilai pendidikan karakter Kurikulum 2013. Sembilan nilai pendidikan karakter tersebut adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, rasa ingin tahu, bersahabat, kerja keras, peduli sosial, dan tanggung jawab. Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Taysīr al-Kholāq, Kurikulum 2013. v MOTT

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Taysīr al-Kholāq, Kurikulum 2013. v MOTT
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2023 14:02
Last Modified: 27 Aug 2023 14:02
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/348

Actions (login required)

View Item View Item