KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AL-QUR’AN SURAH YUSUF AYAT 23-29 DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI DALAM KURIKULUM 2013

Titalia, Ning (2021) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AL-QUR’AN SURAH YUSUF AYAT 23-29 DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI DALAM KURIKULUM 2013. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
1-ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2-BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] Text
3-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
4-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
5-BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6-BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] Text
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (667kB)
[img] Text
8-CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)

Abstract

Titalia, Ning. 2021. Konsep Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur‟an Surah Yusuf Ayat 23-29 Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter Di Dalam Kurikulum 2013, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang Rembang. Pembimbing Muhammad Jamil, Lc., M.Pd. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji nilai-nilai karakter dalam al-Qur‟an surah Yusuf ayat 23-29 dan hubungannya terhadap pendidikan karakter di dalam kurikulum. Melihat begitu penting pendidikan karakter dan moral bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep pendidikan karakter dalam al-Qur‟an surah Yusuf ayat 23-29 dan relevansinya terhadap pendidikan karakter di dalam kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah library reseach (penelitian pustaka) dengan tujuan mengumpulkan data dan informasi. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer seperti tafsir al-Misbah karya M. Quraish Shihab, tafsir al-Azhar karya Hamka, tafsir al-Qur‟anul majid an-Nur karya Teungku Muhammad Hasbi ash-Shiddieqy, sedangkan sekunder yang digunakan peneliti berupa buku terkait pendidikan karakter, buku-buku kurikulum, penelitian terdahulu, dan artikel-artikel dari internet yang relevan dengan peneliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan karakter dalam al-Qur‟an surah Yusuf ayat 23-29 ada relevansinya dengan pendidikan karakter di dalam kurikulum 2013. Sebagaimana al-Qur‟an surah Yusuf mengandung nilai-nilai karakter yang meceritakan kisah kehidupan Nabi Yusuf. Sedangkan ayat 23-29 lebih menceritakan Nabi Yusuf ketika digoda oleh wanita yaitu Zulikha. Nilai-nilai karakter yang terkandung di dalam al-Qur‟an surah Yusuf ayat 23-29 seperti nilai sabar, ihsan, jujur, toleransi dan tanggung jawab. Kandungan al- Qur‟an surah Yusuf ayat 23-29 Sesuai dengan 18 nilai karakter yang dicetuskan oleh kementrian pendidikan nasional seperti religius, jujur, toleransi dan tanggung jawab. Sebagaimana kurikulum 2013 lebih menekankan peserta didik pada pembentukan karakter di sekolah, baik dengan proses dan materi pembelajaran yang ada dalam kurikulum 2013. Dikarnakan setiap mata pelajaran memuat materi-materi yang di dalamnaya mengandung nilai-nilai karakter. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Al-Qur‟an Surah Yusuf Ayat 23-29, Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Al-Qur‟an Surah Yusuf Ayat 23-29, Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Tafsir Tarbawi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2023 14:01
Last Modified: 27 Aug 2023 14:01
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/347

Actions (login required)

View Item View Item