ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MASA PANDEMI SISWA KELAS IV MI TARBIYATUS SHIBYAN

Shofiana, Erna (2021) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MASA PANDEMI SISWA KELAS IV MI TARBIYATUS SHIBYAN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
1-ABSTRAK erna.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
2-BAB I.pdf

Download (146kB)
[img] Text
4-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
5-BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (991kB)
[img] Text
6-BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
8-CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
9-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)

Abstract

Shofiana, Erna,. 2021”Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis pada Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi Kelas IV MI Tarbiyatus Shibyan Juwana. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Nely Rahmawati Zaimah, M.Pd.I Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diberikan kepada siswa sekolah dasar maupun menengah. Pada jenjang tingkat dasar, keterampilanketerampilan dasar dalam berbahasa sangat berperan penting. Melalui bahasa, siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir dan bernalar. Didunia pendidikan, Bahasa Arab memiliki perananan yang sangat penting dengan adanya kemampuan membaca dan menulis. Oleh karena itu kemampuan membaca dan menulis pada pembelajaran Bahasa Arab harus diajarkan secara seimbang di kelas MI Tarbiyatus Shibyan. Maka dari itu, guru perlu menentukan pembelajaran yang disesuaikan untuk mengembangkan kemampuan membaca dan menulis pada pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca dan menulis pada pembelajaran Bahasa Arab di masa pandemi kelas IV MI Tarbiyatus Shibyan Juwana. Penelitian ini menemukan hambatan yang dialami siswa dalam kemampuan membaca dan menulis pada pembelajaran bahasa arab, menemukan upaya - upaya yang dilakukan oleh yang dilakukan oleh guru meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pada pembelajaran Bahasa Arab. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Wujud data penelitian ini adalah kemampuan membaca dan menulis pada pembelajaran Bahasa Arab di masa pandemi kelas IV MI Tarbiyatus Shibyan Juwana. Sumber data penelitian kepala sekolah, guru Bahasa Arab kelas IV MI Tarbiyatus Shibyan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca dan menulis pada pembelajaran bahasa siswa pada bacaan narasi memperoleh hasil dengan baik, hambatan siswa dalam kemampuan membaca dan menulis pada pembelajaran Bahasa Arab pada pemahaman pada bacaan narasi yaitu siswa kurang mampu dalam menceritakan kembali bacaan yang telah dibaca, dan upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pada pembelajaran Bahasa Arab yaitu dengan cara membimbing siswa dan menjelaskan teknik-teknik di dalam membaca dan menulis pada pembelajaran Bahasa Arab mampu memahami. Kata Kunci: Kemampuan membaca dan menulis, pembelajaran Bahasa Arab, Masa Pandemi

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca dan menulis, pembelajaran Bahasa Arab, Masa Pandemi
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 22 Aug 2023 09:00
Last Modified: 22 Aug 2023 09:00
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item View Item