KOMUNIKASI ORANG TUA DAN GURU KELAS PADA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI DAN TANGGUNG JAWAB SISWA (STUDI KASUS KELAS IV DI MI TAMRINUSSIBYAN JEPARA)

Sari, Ana Ayuni Etika (2021) KOMUNIKASI ORANG TUA DAN GURU KELAS PADA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI DAN TANGGUNG JAWAB SISWA (STUDI KASUS KELAS IV DI MI TAMRINUSSIBYAN JEPARA). skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
1. ABSTRAK ana ayuni.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
9. CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)

Abstract

Sari, Ana Ayuni Etika. 2021. Komunikasi Orang Tua dan Guru Kelas Pada Pembelajaran di Masa Pandemi Terhadap Pembentukan Karakter Mandiri dan Tanggung Jawab Siswa (Studi Kasus Kelas IV di MI Tamrinussibyan Jepara). Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Zahrotul Amalia Solakha, S.Si., M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi antara orang tua dan guru kelas beserta dampaknya dalam membentuk karakter mandiri dan tanggung jawab pada pembelajaran di masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas IV MI Tamrinussibyan Jepara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Wujud data penelitian ini adalah komunikasi orang tua dan guru kelas pada pembelajaran di masa pandemi terhadap pembentukan karakter mandiri dan tanggung jawab siswa (studi kasus kelas IV MI Tamrinussibyan Jepara). Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, gurur kelas IV, orang tua, dan siswa kelas IV MI Tamrinussibyan Jepara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi orang tua dan guru kelas berjalan dengan baik, kegiatan komunikasi yang dilakukan sekolah adalah rapat wali murid, grup WhatsApp, dan home visit. Terjalinnya komunikasi orang tua dan guru kelas menimbulkan dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif dari komunikasi ini adalah menumbuhkan minat orang tua untuk ikut berpartisipasi dalam perkembangan anak, orang tua mengetahui perkembangan anak melalui informasi yang diberikan guru, guru kelas akan lebih mudah dalam mengontrol dan mengahadapi kesulitan yang dialami anak. Dampak negatif dari komunikasi ini adalah orang tua dan guru kelas harus lebih banyak memberikan waktu yang lebih kepada anak untuk saling bertukar informasi. Kata Kunci: komunikasi, orang tua, guru kelas, pembentukan karakter.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, orang tua, guru kelas, pembentukan karakter.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 22 Aug 2023 08:59
Last Modified: 22 Aug 2023 08:59
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/280

Actions (login required)

View Item View Item