Fu’adi, Muhammad Ashfal (2020) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN, PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SDN BOGOREJO. Other thesis, STAI AL-ANWAR.
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (321kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Fu'adi, Muhammad Ashfal. 2019. Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Karakter Disiplin, Percaya Diri dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN Bogorejo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Herman Khunaivi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan karakter disiplin pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN Bogorejo, mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan karakter percaya diri pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN Bogorejo dan mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN Bogorejo. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bogorejo yang berjumlah 12 siswa (9 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling dengan sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN Bogorejo. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, rancangan pelaksanaan pembelajaran, tes, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisa korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan karakter disiplin, percaya diri dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa model pembelajaran discovery learning pada tematik tema VI sub tema I mengalami peningkatan rata-rata sebesar 72%. Selain itu, siswa menjadi individu yang mampu menaati tata tertib dan berani menampilkan bakat yang dimilikinya dihadapan orang lain.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Pendidikan Karakter, Karakter Disiplin, Karakter Percaya Diri, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 05:24 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 18:26 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/28 |
Actions (login required)
View Item |