Najiah, Zumrotun (2020) KONSEP ETIKA SISWA TERHADAP GURU DALAM KITAB TAYSĪR AL-KHOLĀQ KARYA HAFIDZ HASAN AL-MAS’UDI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU DAN TANGGUNG JAWAB SISWA. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
1_HALAMAN AWAL.pdf Download (3MB) |
|
Text
2_BAB I.pdf Download (603kB) |
|
Text
4_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
|
Text
5_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (839kB) |
|
Text
6_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
|
Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (461kB) |
|
Text
8_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
9_CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
Abstract
Najiah, Zumrotun. 2020. Konsep Etika Siswa Terhadap Guru dalam Kitab Taysīr al-Kholāq Karya Hafidz Hasan al-Mas‟udi dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Tanggung Jawab Siswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Syamsul Hadi, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan konsep etika siswa terhadap guru yang ada dalam kitab Taysīr al-Kholāq karya Hafidz Hasan al-Mas‟udi yang ingin penulis implikasikan dengan pembentukan karakter rasa ingin tahu dan tanggung jawab siswa di MI an-Nashriyah Lasem. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep etika siswa terhadap guru dalam kitab Taysīr alKholāq karya Hafidz Hasan al-Mas‟udi dan implikasinya terhadap pembentukan rasa ingin tahu dan tanggung jawab siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menekankan pada kepustakaan (library research). Instrumen kunci atau utama adalah peneliti dan informan (kepala sekolah dan guru kelas MI an-Nashriyah), terkait teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis teks, observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep etika siswa terhadap guru dalam kitab Taysīr al-Kholāq karya Hafidz Hasan al-Mas‟udi dan konsep etika siswa terhadap guru yang ada di lapangan (MI an-Nashriyah) memiliki implikasi atau keterlibatan yang erat dengan pembentukan karakter rasa ingin tahu dan tanggung jawab siswa. Dapat disimpulkan bahwa konsep etika siswa terhadap guru dalam kitab Taysīr al-Kholāq karya Hafidz Hasan al-Mas‟udi dengan konsep etika siswa MI an-Nashriyah terhadap guru yang ada dilapangan memiliki banyak kesamaan, hanya saja ada satu yang berbeda, yaitu tidak meyakini bahwa keutamaan guru lebih besar dari pada orang tua. Apabila konsep tersebut diterapkan dengan baik, maka akan membantu dalam mewujudkan pembentukan karakter rasa ingin tahu dan tanggung jawab siswa. Kata Kunci: Konsep Etika Siswa terhadap Guru, Taysīr al-Kholāq dan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Tanggung Jawab
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Etika Siswa terhadap Guru, Taysīr al-Kholāq dan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Tanggung Jawab |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Tafsir Tarbawi |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 05:47 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 05:47 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/194 |
Actions (login required)
View Item |