Hasanah, Nurul (2020) EFEKTIFITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENGUATAN KARAKTER RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 1 REMBANG TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
1. HALAMAN AWAL.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (271kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (375kB) |
|
Text
8. CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
|
Text
9. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Hasanah, Nurul. 2020. Efektifitas Model Discovery Learning Terhadap Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik Di MIN 1 Rembang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Herman Khunaivi, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Model Discovery Learning Terhadap Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan desain penelitian one group pre test post test control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV A dan IV B yang berjumlah 44 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata presentase pengamatan karakter rasa ingin tahu kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 85% dan 80%. Sebab kecilnya perbedaan presentase karakter tersebut, kedua kelas berada pada tingkat karakter rasa ingin tahu adalah baik. Maka dapat disimpulkan bahwa model discovery learning tidak efektif dalam meningkatkan karakter rasa ingin tahu siswa kelas IV. Dari hasil analisis menggunakan uji mann whitney terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Diperoleh rata-rata dari kedua kelas tersebut yaitu rata-rata kelas eksperimen 28,18 dan kelas kontrol 16,82. Berdasarkan output statistik uji mann whitney, diketahui bahwa nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05 maka H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tematik di MIN 1 Rembang Kata Kunci: Model Dicovery Learning, Karakter Rasa Ingin Tahu, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik dan Siswa Kelas IV
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Dicovery Learning, Karakter Rasa Ingin Tahu, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik dan Siswa Kelas IV |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 12 Aug 2023 03:33 |
Last Modified: | 13 Aug 2023 22:36 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/183 |
Actions (login required)
View Item |