KONSEP NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SURAT LUQMAN AYAT 13 - 19 DAN IMPLIKASI TERHADAP PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SD ISLAM DARUL TAUHID PABEYAN TAMBAKBOYO TAHUN AJARAN 2019/2020

Susanti,, Dina Indah (2020) KONSEP NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SURAT LUQMAN AYAT 13 - 19 DAN IMPLIKASI TERHADAP PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SD ISLAM DARUL TAUHID PABEYAN TAMBAKBOYO TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
bab1.pdf - Submitted Version

Download (810kB)
[img] Text
bab 2.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] Text
HALAMAN AWAL DAN BAB I.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI Dina Indah Susanti.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dina Indah Susanti, 2020. Konsep Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Surat Luqman Ayat 13-19 dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Kurikulum 2013 di SD Islam Darul Tauhid Pabeyan Tambakboyo Tuban. Tahun Ajaran 2019/2020”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Muhammad jamil, Lc., M. Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fakta yang menunjukkan terjadinya penurunan kualitas karakter anak Indonesia yang semakin rusak ini, dengan adanya hal tersebut peneliti ingin mengetahui apakah penerapan nilai-nilai pendidikan karakter 2013 sudah sesuai dengan nilai-nilai dalam Al-qur‟an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep nilai pendidikan karakter dalam surat "Luqman ayat 13-19" dan implikasinya terhadap pembelajaran kurikulum 2013 di SD Islam Darul Tauhid Pabeyan Tambakboyo. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen kunci adalah peneliti dan informan (kepala sekolah, guru PAI dan guru tematik), dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi (gabungan). Data analisis dengan cara mereduksi data, merangkum, memfokuskan pada hal-hal yang penting, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep pendidikan karakter yang ada dalam surat Luqman ayat 13-19 dan implikasinya pada pembelajaran kurikulum 2013 di SD Islam Darul Tauhid Tambakboyo yaitu tentang penemuan bahwa nilai pendidikan karakter pada surat Luqman sangat erat kaitannya dengan 18 nilai pendidikan karakter yang terdapat pada kurikulum 2013 meliputi nilai religius, tanggung jawab, disiplin, jujur, toleransi, dan bersahabat/komunikatif, yang diterapkan pada lingkungan sekolah yang berkarakter, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran,peserta didik, pendidik, prinsip-prinsip pembelajaran dan metode pembelajaran. Kata Kunci: Konsep pendidikan karakter, surat Luqman ayat 13-19, dan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep pendidikan karakter, surat Luqman ayat 13-19, dan kurikulum 2013.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Tafsir Tarbawi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 10 Aug 2023 15:30
Last Modified: 10 Aug 2023 18:25
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/168

Actions (login required)

View Item View Item