Sholichah, Dianatus (2020) Korelasi Antara Variasi Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 MIN 1 Rembang Tahun Ajaran 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
2_BAB I.pdf - Submitted Version Download (492kB) |
|
Text
1_HALAMAN AWAL.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
3_BAB II.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (597kB) |
|
Text
4_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (655kB) |
|
Text
5_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (809kB) |
|
Text
6_BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
|
Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (473kB) |
|
Text
8_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
9_CURRRICULUM VITAE.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
Abstract
Sholichah, Dianatus. 2020. Korelasi Antara Variasi Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 MIN 1 Rembang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Syamsul Hadi, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena pembelajaran tematik di kelas 3 menunjukan sekitar 50% menggunakan variasi mengajar berdasarkan observasi pra penelitian di kelas. Beberapa guru belum menggunakan variasi mengajar secara maksimal dan menyeluruh, sehingga siswa terkadang pasif dalam kegiatan pembelajaran. Motivasi belajar yang dimiliki siswa belum terlihat sehingga tidak termotivasi untuk mencapai prestasi belajar. Terkadang dalam proses pembelajaran siswa berbicara sendiri dengan teman sebangku, lari-lari sendiri, atau bahkan sering keluar masuk kelas. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada kontribusi korelasi antara variasi mengajar guru dengan motivasi siswa dan seberapa besar kontribusi diantara keduanya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasional sederhana product moment. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu 41 responden. Terdiri dari kelas 3 A dan B serta 2 guru kelas. Teknik pengambilan sampling penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling yang sample total dengan populasi yang dibawah 100 sebaiknya seluruh responden dijadikan sampel semua. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi untuk mengamati proses pembelajaran, wawancara untuk penguatan atau pendukung dari penelitian, angket untuk mengetahui hasil persentase dari variabel, dan dokumentasi untuk memperkuat dan bukti dari penelitian. Teknik analisi data menggunakan analisis statistik diskriptif. Hasil penelitian observasi menunjukkan bahwa variasi mengajar guru dan motivasi belajar siswa dalam kategori baik yaitu sebesar 73% dan 72%. Hasil uji korelasi diperoleh r hitung lebih besar dari r tabel (0,646 > 0,308) termasuk kategori koefisien korelasi kuat, maka diambil hipotesa Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian ini adalah ada kontribusi dari hubungan yang signifikan antara variasi mengajar dengan motivasi belajar siswa. Saran bagi guru, hubungan variasi mengajar dengan motivasi belajar diharapkan menjadi pertimbangan guru untuk menggunakan variasi mengajar dalam setiap kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Variasi Mengajar, Motivasi Belajar, Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Variasi Mengajar, Motivasi Belajar, Pembelajaran Tematik |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 15:30 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 18:28 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/167 |
Actions (login required)
View Item |