Kompetensi Pedagogis Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di MI Negeri 1 Bojonegoro.

Afidatun, zahro (2024) Kompetensi Pedagogis Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di MI Negeri 1 Bojonegoro. skripsi thesis, STAI AL ANWAR SARANG.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (864kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (753kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf

Download (442kB)

Abstract

Zahro’, Afidatun Nisaus, 2024. Kompetensi Pedagogis Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di MI Negeri 1 Bojonegoro. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah. Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang Rembang. Pembimbing: Zainal Arifin, S.S., M.Pd. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Negeri 1 Bojonegoro dalam implementasi Kurikulum Merdeka belum sepenuhnya memahami dan menerapkan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka pada pembelajaran. Guru masih menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran, maksudnya guru masih mengandalkan buku pembelajaran, papan tulis, dan motode ceramah dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogis guru dan hambatan yang dialami guru pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di MI Negeri 1 Bojonegoro dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini berasal dari guru mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di MI Negeri 1 Bojonegoro. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di MI Negeri 1 Bojonegoro hanya dapat melaksanakan enam indikator dari sepuluh indikator kompetensi pedagogis secara optimal. Indikator tersebut meliputi memahami karakteristik peserta didik, memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik, berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun secara lisan atau tulisan, menyelenggarakan evaluasi proses, memanfaatkan hasil evaluasi untuk kepentingan pembelajaran, dan melakukan tindakan reflektif sebagai tindakan untuk meningkatkankualitas pembelajaran. Empat indikator lain yang belum dilakukan secara optimal adalah memahami teori dan prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kurikulum terkait mata pelajaran yang diampu, memanfaatkan teknologi informasi dan dokumentasi dalam pembelajaran, dan menyelenggarakan evaluasi hasil. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogis, Pembelajaran Bahasa Indonesia, dan Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Muhammad Nawal
Date Deposited: 15 Dec 2024 03:41
Last Modified: 15 Dec 2024 03:41
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1569

Actions (login required)

View Item View Item