Roviqoh, Qoriatul (2024) STRATEGI DAN METODE GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER BERSAHABAT/KOMUNIKATIF SISWA PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS III MIN 1 REMBANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (897kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (599kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (389kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (520kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Download (397kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Roviqoh, Qoriatul. 2024. Strategi dan Metode Guru Dalam Membentuk Karakter Bersahabat/Komunikatif Siswa Pada Pelaksanaan Pembelajaran Siswa Kelas III MIN 1 Rembang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Syarifatul Fitri Hidayah, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pengamatan strategi dan metode guru dalam membentuk karakter bersahabat/komunikatif siswa pada pembelajaran bahasa jawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi dan metode guru, serta kendala guru bahasa jawa dalam membentuk karakter bersahabat/komunikatif siswa pada pembelajaran bahasa jawa kelas IIIB MIN 1 Rembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini, guru bahasa jawa, siswa kelas IIIB, kepala sekolah. Objek penelitian ini meliputi strategi dan metode guru, kendala guru bahasa jawa, karakter bersahabat/komunikatif siswa, pembelajaran bahasa jawa kelas IIIB. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru bahasa jawa menggunakan strategi ekspositori dan metode ceramah, serta metode penugasan. Karakter bersahabat/komunikatif yang terbentuk dalam proses pembelajaran bahasa jawa ada tiga indikator yaitu, suasana sekolah yang memudahkan terjadinya interaksi antar warga sekolah, menghargai dan menjaga kehormatan, cinta kasih dan rela berkorban. Indikator karakter bersahabat/komunikatif yang belum terbentuk dalam proses pembelajaran bahasa jawa ada dua yaitu, berkomunikasi dengan bahasa yang santun, tidak membedabedakan dalam berkomunikasi. Sedangkan kendala yang dialami oleh guru bahasa jawa yaitu, 1) Guru bahasa jawa belum memahami betul terkait strategi pembelajaran. 2) Guru bahasa jawa memiliki kesulitan dalam menentukan strategi yang pas untuk membentuk karakter bersahabat/komunikatif siswa. 3) Dalam proses pembelajaran bahasa jawa, strategi dan metode yang digunakan oleh guru bahasa jawa kurang tepat dalam membentuk karakter bersahabat/komunikatif siswa. 4) Dalam pembelajaran bahasa jawa guru sering menggunakan strategi ekspositori dan metode ceramah, serta metode penugasan. Keyword : Strategi dan Metode Guru Bahasa Jawa, Karakter Bersahabat/Komunikatif, Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas IIIB.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Nurunnisai Fitriana |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 09:11 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 09:11 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1563 |
Actions (login required)
View Item |