KETERAMPILAN DAN STRATEGI MENGAJAR GURU PENGGERAK PADA PEMBELAJARAN BERBASIS RISET KELAS IV SD ISLAM UMAR HARUN SARANG REMBANG

Rahman, Muhammad Faiz (2024) KETERAMPILAN DAN STRATEGI MENGAJAR GURU PENGGERAK PADA PEMBELAJARAN BERBASIS RISET KELAS IV SD ISLAM UMAR HARUN SARANG REMBANG. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan peranan penting seorang guru penggerak dalam menguasai keterampilan dan strategi mengajar pada pembelajaran berbasis riset. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan dan strategi mengajar guru penggerak pada pembelajaran berbasis riset kelas IV SD Islam Umar Harun. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berasal dari guru penggerak kelas IV dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan mengunakan teknik triangulasi teknik. Teknik analisis berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan mengajar guru penggerak pada pembelajaran riset kelas IV, guru menggunakan keterampilan bertanya saat pembelajaran yang berguna sebagai umpan balik bagi guru untuk mempelajari sejauh mana prestasi belajar siswa selama pembelajaran berlangsung. Selain keterampilan bertanya guru juga melakukan keterampilan mengelola kelas yang berguna untuk memberi perhatian. (2) Strategi mengajar guru penggerak pada pembelajaran riset kelas IV, guru menggunakan strategi dengan merancang media yang efektif dan efisien, dan menggunakan variasi media pembelajaran. Sebelum pembelajaran guru merancang media yang efektif agar media yang disampaikan oleh guru sesuai dengan mata pelajaran, sehingga siswa lebih mudah memahami materi. Selain itu guru di SD Islam Umar Harun menggunakan variasi media agar siswa menjadi tertarik dengan materi yang sedang disampaikan

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Mengajar
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al Quran dan Tafsir (IAT)
Depositing User: Nurhadi Muhammad Mukhlis
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:38
Last Modified: 26 Sep 2024 07:38
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1517

Actions (login required)

View Item View Item