Rahmah, Suminar (2024) IMPLEMENTASI METODE BITTUQO EDISI REVISI DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR`AN DI PONDOK PESANTREN MINHAJUTH THULAB, LAMPUNG: Studi Fenomenologi. skripsi thesis, STAI AL-ANWAR Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (738kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (570kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (636kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Download (496kB) |
Abstract
Suminar, Rahmah. 2024. Implementasi Metode Bittuqo Edisi Revisi dalam Pembelajaran Baca Tulis al-Qur`an di Pondok Pesantren Minhajuth Thulab, Lampung: Studi Fenomenologi. Skripsi. Program Studi Ilmu al-Qur`an dan Tafsir. Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Moh. Asif, M.Ud Mempelajari al-Qur`an membutuhkan metode guna dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Ada beberapa cara untuk mempelajari al-Qur`an salah satunya adalah dengan menggunakan metode Bittuqo. Metode ini merupakan metode baru yang dianggap lebih komprehensif dan mudah diterima dibanding metode yang sudah ada karena dapat menjadikan santri menguasai ilmu baca dan tulis al-Qur`an dengan benar. Metode Bittuqo dicetuskan oleh KH.Thoha Muntaha dan Institut Tafhimul Qur'an Minhajuth Thullab yang kemudian diterapkan di Pondok Pesantren Minhajuth Thulab, Lampung. Sebagai metode baru tentunya dibutuhkan implementasi metode secara rinci sebagai acuan penggunaan metode baca tulis al-Qur`an. Guna mengetahui implementasi metode Bittuqo dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur`an di Pondok Pesantren Minhajuth Thulab Lampung peneliti menggunakan teori fenomenologi dengan jenis penelitian kualitatif secara lapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa metode Bittuqo memiliki manfaat dan keyakinan tinggi dalam proses mempelajari al-Qur`an. Metode tersebut dianggap membatu santri menguasai berbagai aspek penting seperti membaca, memahami tajwid, dan menulis al-Qur`an. Pembelajaran al-Qur`an dengan metode ini dianggap menyenangkan oleh para santri, selain itu memiliki motivasi dan keyakinan yang beragam, diantaranya: Untuk mendalami pemahaman terhadap al-Qur`an, menjadi pedoman hidup, meningkatkan prestasi hingga untuk membanggakan orang tua. Melalui metode Bittuqo, santri dapat belajar dari tahap dasar hingga yang paling kompleks sehingga memungkinkan mereka akan mencapai pemahaman yang diharapkan dalam waktu yang relatif singkat. Kata Kunci: Pembelajaran al-Qur`an, metode Bittuqo di Pondok Pesantren Minhajuth Thulab Lampung, Fenomenologi.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Al-Qur’an dan Tafsir > Living Qur'an |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al Quran dan Tafsir (IAT) |
Depositing User: | Nurul Huda 11 |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 05:15 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 05:15 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1494 |
Actions (login required)
View Item |