GAYA BELAJAR SISWA PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DAN V DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD ISLAM FAAZ TUBAN

Najib, Mohammad Iqbalun (2024) GAYA BELAJAR SISWA PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DAN V DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD ISLAM FAAZ TUBAN. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
CURICULUM VITAE.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Najib, Mohammad Iqbalun. 2024. Gaya Belajar Siswa Pada Pelaksanaan Pembelajaran IPAS Kelas IV dan V dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Islam Faaz Tuban. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang Rembang. Pembimbing: Syarifah Fitri Hidayah, M.Pd. Penelitian dilaksanakan untuk mengetahui gaya belajar siswa, kendala dalam gaya belajar dan upaya yang dilakukan guru dalam gaya belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV dan V dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian deskriptif komparatif. Subjeknya adalah siswa kelas IV, V, dan guru wali kelas mata pelajaran IPAS. Teknik pengumpulan data melalui observasi kelas, wawancara dengan guru, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini gaya belajar visual siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS dengan materi Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku, dan kelas V berjudul Bumiku Berubah memiliki ciri memanfaatkan indra penglihatan, rapi dan teratur, lebih suka membaca daripada dibacakan. Jumlah siswa visual kelas IV berjumlah 16 orang, sedangkan kelas V berjumlah 1 orang. Pada gaya belajar auditori siswa memiliki kecenderungan memanfaatkan indra pendengaran, mudah terganggu oleh keributan, senang membaca dengan keras, suka dengan sesuatu yang bernada. Jumlah siswa auditori di kelas IV berjumlah 3 orang, sedangkan dikelas V berjumlah 2 orang. Gaya belajar kinestetik siswa kelas IV dan V pada mata pelajaran IPAS memiliki kecenderungan memanfaatkan indra gerak, tidak bisa duduk diam dalam waktu yang lama, menggunakan isyarat tubuh, menyukai alat yang dapat dimanipulasikan. Jumlah siswa kinestetik di kelas IV berjumlah 5 orang, sedangkan pada kelas V berjumlah 11 orang. Kendala pada gaya belajar siswa adalah kurangnya motivasi dari rumah, kurangnya akan manajemen waktu, kurangnya budaya literasi siswa, kurangnya fasilitas yang ada disekolah. Adapun upaya yang dilakukan guru dalam gaya belajar siswa adalah mengetahui gaya belajar dan kendala yang dialaminya, guru harus menguasai teori prinsip belajar dan juga melibatkan siswa dalam pembelajaran. Kata Kunci: Gaya Belajar, Pembelajaran IPAS, Implementasi Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: MOHAMMAD IQBALUN NAJIB
Date Deposited: 15 Sep 2024 06:09
Last Modified: 15 Sep 2024 06:09
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1441

Actions (login required)

View Item View Item