Rokhimayanti, Eka (2020) ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA JAWA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR SISWA KELAS IV SD IT AVICENNA LASEM DI ERA 4.0 TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
1_HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
2_BAB I.pdf Download (955kB) |
|
Text
3_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
4_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
5_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
6_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (935kB) |
|
Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (763kB) |
|
Text
8_CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Repository staff only Download (818kB) |
|
Text
9_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Rokhimayanti, Eka. 2019. Analisis Penggunaan Bahasa Jawa dalam Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Kelas IV SD IT Avicenna Lasem di Era 4.0. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Zainal Arifin, M. Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena di kelas IV SD IT Avicenna Lasem yang kebanyakan siswanya lebih dominan menggunakan bahasa Indonesia dibandingkan bahasa Jawa, baik ketika pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Apabila penggunaan bahasa Jawa dan bahasa Indonesia tidak diimbangi dengan unggah-ungguh yang baik dan benar dalam berbahasa dan bertindak, maka tidak menutup kemungkinan para siswa dapat melakukan kesalah tutur bahasa Jawa. Hal lain yang menjadi kekhawatiran adalah generasi muda Indonesia di era 4.0 tidak melestarikan bahasa daerah dengan alasan penggunaan bahasa Indonesia lebih mudah karena tidak terdapat unggah-ungguh basa seperti dalam bahasa Jawa serta hal tersebut dapat mengikis rasa kepedulian dan cinta terhadap keragaman bahasa di Indonesia. Adapun karakter cinta tanah air merupakan bagian dari kurikulum 2013 yang digunakan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa Jawa dan karakter cinta tanah air siswa kelas IV SD IT Avicenna Lasem di era 4.0 serta pengimplikasian bahasa tersebut terhadap karakter cinta tanah air siswa. Metode penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kombinasi (mixed methods) desain sequential exploratory. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SD IT Avicenna Lasem, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 50 siswa (kelas A sebagai kelas uji coba instrumen dan kelas B sebagai kelas penelitian). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling tipe purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner (angket). Metode analisis data sesuai dengan desain penelitian, yakni sequential exploratory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Jawa siswa kelas IV SD IT Avicenna Lasem di era 4.0 adalah seimbang antara bahasa Jawa dan bahasa Indonesia dan berada pada kategori cukup baik dengan persentase 48%. Adapun bentuk adanya karakter cinta tanah air telah banyak diterapkan di sekolah ini, termasuk penggunaan bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh basa yang tepat. Penanaman karakter dilakukan pihak sekolah melalui pembiasaan dan keteladanan dari guru. Pemahaman mengenai penggunaan bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh basa serta adanya mapel bahasa Jawa merupakan bentuk implikasi dalam penginternalisasian karakter cinta tanah air terhadap penggunaan bahasa Jawa siswa. Kata-kata kunci: bahasa Jawa, karakter cinta tanah air, dan era 4.0.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahasa Jawa, karakter cinta tanah air, dan era 4.0. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 12 Aug 2023 03:42 |
Last Modified: | 12 Aug 2023 03:42 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/144 |
Actions (login required)
View Item |