Strategi Guru Pada Pembelajaran Fikih Bab Salat Siswa Kelas II (Studi Komparasi Di SD Islam An-Nawawiyyah Rembang dengan SDIT Nurul Huda Bojonegoro)

Nafisa, Khorida (2024) Strategi Guru Pada Pembelajaran Fikih Bab Salat Siswa Kelas II (Studi Komparasi Di SD Islam An-Nawawiyyah Rembang dengan SDIT Nurul Huda Bojonegoro). skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
1-COVER.pdf

Download (42kB)
[img] Text
1-HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2-BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
4-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB) | Request a copy
[img] Text
4-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB) | Request a copy
[img] Text
5-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6-BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8-CURRICULUM VITAE.pdf

Download (888kB)
[img] Text
9-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada strategi guru yang digunakan untuk mengatasi kemampuan peserta didik yang belum bisa dalam melaksanakan gerakan-gerakan salat dan pelafalan bacaan salat. Melalui peran guru dalam pengelolaan kelas II di SD Islam An-Nawawiyyah Rembang dan SDIT Nurul Huda Bojonegoro dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan strategi yang cocok akan menjadikan suasana belajar yang baik. Berdasarkan masalah tersebut, maka rumusan masalah dari penelitian ini yakni:(1) Bagaimana strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran salat bagi peserta didik kelas II SDIT Nurul Huda Bojonegoro dan SD Islam An-Nawawiyyah Rembang?(2) Bagaimana perbandingan strategi pembelajaran yang digunakan guru pembelajaran fikih dalam bab salat kelas II SDIT Nurul Huda Bojonegoro dan SD Islam AnNawawiyyah Rembang?. Sumber data penelitian dari guru yang mengampu mata pelajaran PABP atau PAI, peserta didik kelas II di SD Islam An-Nawawiyyah Rembang dan SDIT Nurul Huda Bojonegoro, serta kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi; wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan beberapa strategi yang digunakan dalam pembelajaran salat kelas II B di SDIT Nurul Huda Bojonegoro dan di SD Islam An- Nawawiyyah Rembang untuk mengajarkan rukun dan sunah berupa bacaan (qouly) menggunakan strategi pembelajaran mandiri, strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran empirik, dan untuk mengajarkan rukun dan sunah berupa gerakan (fi’liy) menggunakan strategi pembelajaran mandiri, strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran experiental learning. Sedangkan pembelajaran salat kelas II B di SDIT Nurul Huda Bojonegoro untuk mengajarkan rukun dan sunah berupa bacaan (qouly) menggunakan strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran mandiri dan rukun dan sunah berupa gerakan (fi’liy) menggunakan strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran mandiri dan strategi pembelajaran empirik. Serta dalam pembelajaran terkait salat kedua sekolah tersebut mempunyai mata pelajaran tambahan yakni mata pelajaran keterampilan ibadah di SDIT Nurul Huda Bojonegoro dan ubudiah di SD Islam AnNawawiyyah Rembang sebagai pendukung keberhasilan pembelajaran fikih bab salat. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Fikih Bab Salat, Perbedaan Sistem Sekolah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: kosong Khorida Nafisa
Date Deposited: 15 Sep 2024 07:22
Last Modified: 15 Sep 2024 07:22
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1439

Actions (login required)

View Item View Item