EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN 2 KALIPANG SARANG REMBANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Illiyah, Siti Durotul (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN 2 KALIPANG SARANG REMBANG TAHUN AJARAN 2018/2019. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (425kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
Bagian Awal.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (487kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Pembatas bab.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)

Abstract

Illiyah, Siti Durotul. 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 2 Kalipang Sarang Rembang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Zainal Arifin, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena pada kelas II SDN 2 Kalipang yaitu strategi belajar yang digunakan siswa dalam belajar kurang efektif, guru dalam proses belajar mengajar masih menggunakan metode yang klasikal dan pembelajaran yang monoton dan akibatnya siswa menjadi mudah bosan dan tidak memiliki minat belajar yang tinggi. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat membantu siswa mengembangkan ketrampilan belajarnya sehingga hasil belajar siswa dapat sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis Quasi Eksperimental Design, dengan desain penelitian none equivalent control group design. Teknik analisis data menggunakan uji mann withney. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil rata-rata dari kedua kelas tersebut yaitu nilai rata-rata dari kelas kontrol sebesar 16,03, sedangkan rata-rata kelas eksperimen sebesar 24,98 dan diperoleh hasil bahwa nilai Asymp.sig.(2- tailed) sebesar 0,013 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima (hipotesis diterima), berarti ada perbedaan yang signifikan antara dua kelas. Dengan kata lain bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe scramble lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN 2 Kalipang Sarang Rembang tahun ajaran 2018/2019. Saran yang dapat diberikan hendaknya guru dapat menerapkan lebih lanjut model pembelajaran kooperatif tipe scramble sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran yang menarik dan efektif untuk siswa. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, scramble, hasil belajar

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif, scramble, hasil belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 10 Aug 2023 15:28
Last Modified: 10 Aug 2023 18:27
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/143

Actions (login required)

View Item View Item