MORNING ENGLISH DAY SEBAGAI PROGRAM SEKOLAH DALAM MEMBENTUK DIMENSI KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS Ⅲ MI ASRORUL ISLAM PENAWANGAN

Tunjikha, Mariyatul Qibthiyah (2024) MORNING ENGLISH DAY SEBAGAI PROGRAM SEKOLAH DALAM MEMBENTUK DIMENSI KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS Ⅲ MI ASRORUL ISLAM PENAWANGAN. Tunjikha Mariyatul Qibthiyah, STAI AL-ANWAR SARANG.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf

Download (179kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB) | Request a copy

Abstract

Program Morning English day diartikan sebagai suatu kegiatan pembiasaan dalam menggunakan bahasa Inggris guna untuk melatih serta meningkatkan keterampilan dalam berbahasa Inggris. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah program Morning English Day sebagai program sekolah yang diselenggarakan pada kelas Ⅲ MI Asrorul Islam tersebut menjadi salah satu upaya untuk membentuk dimensi karakter profil pelajar pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi berupa triangulasi teknik, dan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Morning English Day sebagai program sekolah yang dilaksanakan pada sekolah MI Asrorul Islam mampu menjadi salah satu upaya dalam pembentukan karakter dimensi profil pelajar Pancasila, pada program tersebut ada beberapa tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Dalam tahap-tahap tersebut menjadi salah satu stimulus bagi siswa dalam membentuk karakter-karakter yang sesuai pada dimensi profil pelajar Pancasila. Karakter yang muncul setelah menerapkan program Morning English Day berupa karakter dimensi beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dimensi berkebhinekaan global, dimensi bergotong royong, dan dimensi mandiri, hal ini dikuatkan dengan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan selama proses penelitian di MI Asrorul Islam Penawangan. Kata Kunci : Morning English Day, Program Sekolah, Karakter Profil Pelajar Pancasila

Item Type: Other
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Tunjikha Mariyatul Qibthiyah
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:14
Last Modified: 02 Sep 2024 07:14
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1403

Actions (login required)

View Item View Item