Milati, Nuril (2019) PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM KETERAMPILAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV MI AN-NASHRIYAH LASEM REMBANG TAHUN AJARAN 2018/2019. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (623kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (888kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (684kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (555kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (376kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (476kB) |
|
Text
HALAMAN AWAL.pdf - Submitted Version Download (966kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Milati, Nuril. 2019. Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Menulis Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas IV Mi An-Nashriyah Lasem Rembang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Nely Rahmawati Zaimah, M. Pd.I Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Menulis Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas IV Mi An-Nashriyah Lasem Rembang Tahun Ajaran 2018/2019”. Media ini digunakan dalam penelitian ini menggunakan eksperimen dengan desain control group pretest-posttest. Teknik pengambilan sample dengan menggunakan media visual yang berupa gambar dengan sample penelitian siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol dan kelas IV A sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji independent samples t-test. Berdasarkan hasil posstest diperoleh bahwa rata-rata kemampuan siswa dalam keterampilan menulis Arab dengan menggunakan media visual yang berupa gambar (kelas eksperimen) lebih tinggi dibandingkan rata-rata kemampuan siswa dalam keterampilan menulis Arab yang tidak menggunakan media yang telah diajar dengan pembelajaran konvesional (kelas kontrol). Rata-rata nilai pretest yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 56,60. Rata–rata nilai pretest kelas kontrol yaitu 54,90. Setelah melakukan tindakan pada kedua kelas, maka telah diperoleh rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 80,20 dan kelas kontrol sebesar 67,43. Jumlah peningkatan kelas eksperimen berdasarkan nilai pretest dan posttest sebesar 23,06%, sedangkan nilai kelas kontrol sebesar 12,53 %. Perhitungan hipotesis dengan menggunakan Uji-t yakni Mann-Whitney U maka akan diperoleh pada signifikan 0,05, maka menunjukkan bahwa nilai probabilitas (signifikansi) adalah:0.002. Karena nilai signifikansi 0.002<0.05, maka HO ditolak. Hal ini telah membuktikan bahwa penggunaan media visual sangat efektif terhadap kemampuan siswa dalam keterampilan menulis Arab pada siswa kelas IV semester genap di MI An-Nashriyah Lasem Rembang. Keyword : Media Visual, Keterampilan Menulis, Bahasa Arab
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Visual, Keterampilan Menulis, Bahasa Arab |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 15:28 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 18:28 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/140 |
Actions (login required)
View Item |