PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIS GURU PADA PELAKSANAAN KEGIATAN BERBASIS RISET DI SD ISLAM UMAR HARUN SARANG

Amin, Sholihul (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIS GURU PADA PELAKSANAAN KEGIATAN BERBASIS RISET DI SD ISLAM UMAR HARUN SARANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (898kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (598kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (836kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogis guru pada pelaksanaan kegiatan berbasis riset di SD Islam Umar Harun Sarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru SD Islam Umar Harun Sarang. Objek penelitian ini berkaitan dengan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru pada pelaksanaan kegiatan berbasis riset. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan sebagai pendidik, manajer, supervisor, dan pemimpin, dalam meningkatkan kompetensi pedagogis guru melalui kegiatan pelatihan, program dan supervisi. Bentuk pelatihan yang dilakukan kepala sekolah seperti pelatihan AI, temu pendidik, dan pelatihan literasi. Program yang dijalankan kepala sekolah meliputi program coaching, program belajar guru dan program merdeka mengajar. Supervisi yang dilakukan kepala sekolah berupa pengawasan, evaluasi dan refleksi terkait pembelajaran riset. Kompetensi pedagogis guru juga meningkat seiring dengan proses pelaksanaan kegiatan berbasis riset. Namun, terdapat beberapa kendala yang dialami seperti kurangnya pemahaman guru tentang alur pelaksanaan kegiatan berbasis riset dan keterbatasan sumber daya. Kepala sekolah melakukan berbagai upaya solutif, seperti memberikan bimbingan dan pelatihan intensif untuk mengatasi kendala tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kepala sekolah harus terus meningkatkan perannya dalam membina dan mendukung guru untuk mencapai kompetensi pedagogis yang optimal,

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam
Depositing User: Sholihul Amin
Date Deposited: 26 Aug 2024 02:50
Last Modified: 26 Aug 2024 02:50
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1388

Actions (login required)

View Item View Item