Sa'adah, Nilta Alfinas (2024) KESIAPAN GURU KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MI AN-NASHRIYAH LASEM. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (895kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (865kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (793kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Download (567kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan guru kelas IV pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika dalam implementasi kurikulum merdeka di MI An-Nashriyah Lasem serta untuk menganalisis apa saja faktor penghambat dan pendukung yang mempengaruhi kesiapan guru kelas IV pada pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka di MI An-Nashriyah. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas IV A, B dan D, kepala sekolah dan waka kurikulum. Objek penelitian ini berkaitan dengan kesiapan guru kelas IV MI An-Nashriyah. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru kelas IV di MI An-Nashriyah berdasarkan 6 indikator yang telah ditentukan secara konsep dan teori sudah baik dalam menerapkan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka terutama pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika. Meskipun masih tahap belajar dan tentunya masih beradaptasi dengan pembelajaran yang berbasis kurikulum merdeka, tetapi guru kelas IV MI AnNashriyah sedikit banyak sudah memiliki pemahaman dan gambaran terkait kurikulum merdeka. Selain itu, guru kelas IV MI An-Nashriyah juga sudah mampu dalam membuat rencana pembelajaran, modul ajar dan mampu melaksanakan penilaian dengan berbekal pengetahuan yang didapat dari mengikuti berbagai pelatihan baik workshop, KKG maupun diklat yang dilaksanakan oleh dinas pendidikan. Sarana dan prasarana juga sudah cukup baik, meskipun belum memadai. Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi kesiapan guru kelas IV pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika dalam implementasi kurikulum merdeka di MI An-Nashriyah yang mana kedua faktor tersebut mempengaruhi berhasil tidaknya suatu pembelajaran.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Nilta Alfinas Sa'adah |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 02:52 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 02:52 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1387 |
Actions (login required)
View Item |