Muhammad Idris Haikal, Fadhilah (2024) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MEMPERSIAPKAN GURU UNTUK MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MI NEGERI 1 TUBAN. skripsi thesis, STAI AL ANWAR SARANG.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (850kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (791kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (522kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Download (518kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (735kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Fadhillah, Muhammad Idris Haikal. 2024. Analisis Peran Kepala Madrasah Dalam Mempersiapkan Guru Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Pada Implementasi Kurikulum Merdeka di MI Negeri 1 Tuban. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang Rembang. Pembimbing: Shokibun Ni`am, M.Pd Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis peran kepala madrasah dalam mempersiapkan guru untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila pada implementasi kurikulum merdeka di MI Negeri 1 Tuban serta faktor pendukung dan penghambat dalam mempersiapkan guru untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila pada implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah kepala madrasah, koordinator kurikulum, dan wali kelas V MI Negeri 1 Tuban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala madrasah MI Negeri 1 Tuban berperan sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, motivator dalam mempersiapkan guru untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Kepala madrasah bertindak sebagai pemimpin yang aktif dalam mengarahkan dan membimbing para guru. Hal ini dilakukan melalui berbagai cara, seperti mengadakan rapat rutin untuk memberikan arahan dan bimbingan kepada guru, mengadakan workshop atau webinar secara mandiri, melibatkan guru dalam kegiatan pelatihan dan pembinaan terkait kurikulum merdeka, melakukan monitoring dan evaluasi secara rutin melalui rapat. Faktor pendukung yang dihadapi kepala madrasah dalam mempersiapkan guru untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila adalah sarana dan prasarana yang cukup memadai, adanya pendampingan dan pelatihan yang membekali para guru dalam memahami dan menambah wawasan IKM yang didatangkan dari luar, sedangkan untuk faktor penghambatnya diantara lain adalah pihak sekolah masih ada beberapa guru yang beradaptasi dengan kurikulum baru, sehingga pembelajaran lebih cenderung menggunakan model yang lama. Kata Kunci: Peran kepala madrasah, Profil Pelajar Pancasila, Implementasi Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Muhammad Idris Haikal Fadhillah |
Date Deposited: | 24 Aug 2024 08:49 |
Last Modified: | 24 Aug 2024 08:49 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1363 |
Actions (login required)
View Item |