Rahmatika, Rizky Widya (2024) PROFESIONALITAS GURU PAI DALAM MENANGANI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA PADA PEMBELAJARAN PAI KELAS 4.2 DI SLB NEGERI SEMARANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (741kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (653kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (689kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Download (491kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Rahmatika, Rizky Widya. 2024. Profesionalitas Guru PAI dalam Menangani Peserta Didik Tunagrahita Pada Pembelajaran PAI Kelas 4.2 di SLB Negeri Semarang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Muhammad Jamil, L.c., M.Pd.I. Seorang guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran harus memiliki kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan, sehingga mampu mencapai derajat profesionalitas dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis profesionalitas guru PAI dalam menangani peserta didik tunagrahita pada pembelajaran PAI kelas 4.2 di SLB Negeri Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data penelitian menggunakan model Miles dan Hubermas yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian profesionalitas guru dalam menangani proses kegiatan belajar mengajar PAI peserta didik tunagrahita kelas 4.2 dilihat dari kompetensi profesional dan pedagogis guru menunjukkan bahwa (1) Kompetensi profesional guru PAI pada aspek penguasaan materi, yang dalam penyampaiannya selalu memperhatikan karakteristik dan daya tangkap peserta didik tunagrahita kelas 4.2 terhadap materi pembelajaran PAI. Selain itu, guru PAI juga selalu mengembangkan keprofesionalannya dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi serta mengikuti seminar, pelatihan, diklat, dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan pengembangan profesionalitas guru. (2) Kompetensi pedagogis guru PAI pada kegiatan pembelajaran PAI ditunjukkan dengan menyusun perangkat pembelajaran (Prota, Promes, silabus, dan RPP), merencanakan media, bahan, dan sumber pembelajaran, merencanakan evaluasi pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran PAI sudah sesuai dengan standar pengajaran bagi peserta didik tunagrahita, tetapi dalam implementasinya guru PAI tidak selalu membuat RPP setiap kali melaksanakan pembelajaran PAI dan pelaksanaan evaluasi secara tertulis belum dilaksanakan secara terstruktur. Kata Kunci: Profesionalitas Guru, Peserta Didik Tunagrahita, Pembelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Rizky Widya Rahmatika |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 02:39 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 02:39 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1305 |
Actions (login required)
View Item |