PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PELAJAR PANCASILA DI MI NEGERI 1 TUBAN

Gunawan, Sahrul (2023) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PELAJAR PANCASILA DI MI NEGERI 1 TUBAN. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
Bagian Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I (Satu).pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB II (Dua).pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text
BAB III (Tiga).pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV (Empat).pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
BAB V (Lima).pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)

Abstract

Gunawan, Sahrul. 2023. Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Pelajar Pancasila Di MI Negeri 1 Tuban. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang Rembang. Pembimbing: Zainal Arifin, S.S., M.Pd. Perkembangan teknologi yang semakin canggih mendorong manusia untuk tumbuh dan berkembang mengikuti arus perubahan zaman. Akibatnya budaya gotong royong yang sudah tertanam sejak lama kini semakin luntur dan hilang. Oleh karena itu, penguatan karakter gotong royong perlu ditanamkan sejak dini melalui pembelajaran yang diharapkan mampu membentuk masyarakat modern yang memiliki jiwa gotong royong dengan mengutamakan nilai-nilai Pancasila pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter gotong royong dalam pembentukan profil pelajar Pancasila, hambatan atau kendala, serta upaya solutif dalam membentuk karakter pelajar Pancasila melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila di MI Negeri 1 Tuban. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Sumber data penelitian berasal dari guru pendidikan Pancasila kelas IA, dan IV A serta kepala madrasah sebagai subjek tambahan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter gotong royong terbentuk dengan adanya kegiatan yang terdapat pada materi Pendidikan Pancasila. Elemen gotong royong di antaranya; 1) Kolaborasi yaitu melakukan pekerjaan secara bersama dengan pemberian tugas secara mandiri ataupun tugas dalam bentuk kelompok agar mampu meciptakan komunikasi berupa interaksi pada siswa untuk mencapai tujuan bersama, menghasilkan sikap positif serta koordinasi yang terbentuk dalam sebuah kelompok. 2) Peduli yaitu tanggap terhadap lingkungan, dan meningkatkan persepsi sosial. 3) Berbagi yaitu memberi dan menerima. Hambatan yang ditemukan antara lain: perbedaan persepsi yang dapat menimbulkan perbedaan pendapat serta kurang fokusnya terhadap pembelajaran. Solusi yang dapat dilakukan yakni menyamakan persepsi pemikiran serta memposisikan agar peserta didik dapat lebih fokus dan mendengar Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Gotong Royong, Pendidikan Pancasila, Profil Pelajar Pancasila.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email sahrulg1412@gmail.com
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:36
Last Modified: 22 Aug 2024 02:36
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1282

Actions (login required)

View Item View Item