GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MEMBENTUK SELF-EFFICACY GURU UNTUK MEWUJUDKAN PROFESIONALITAS GURU DALAM MENGAJAR DI SDIT AVICENNA LASEM

Khasanah, Zumrotul (2024) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MEMBENTUK SELF-EFFICACY GURU UNTUK MEWUJUDKAN PROFESIONALITAS GURU DALAM MENGAJAR DI SDIT AVICENNA LASEM. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL .pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (249kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE .pdf

Download (166kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan sekolah SDIT Avicenna dapat dilihat dari jumlah peserta didik yang signifikan, sarana dan prasarana yang memadai, serta catatan prestasi yang membanggakan. Keberhasilan sekolah ini, tidak terlepas dari peran guru yang memiliki tingkat kepercayaan serta berkomitmen dalam mendampingi peserta didik dan kepala sekolah yang memiliki visi yang jelas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah, (2) menganalisis gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam membentuk self-efficacy guru, (3) menganalisis self-efficacy guru untuk mewujudkan profesionalitas guru dalam mengajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas I,II dan VI. Objek penelitian ini yaitu gaya kepemimpinan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) gaya kepemimpinan yang digunakan oleh kepala sekolah adalah gaya kepemimpinan demokratis, gaya kepemimpinan tersebut terlihat ketika dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan kepala sekolah melibatkan guru dan anggotanya, (2) Gaya kepemimpinan demokratis yang digunakan kepala sekolah dalam membentuk self-efficacy guru dengan melibatkan guru dalam berbagai hal, berkomunikasi secara terbuka, tegas, santai, ramah dan berwibawa serta dalam pemberian tugas dan tanggung jawab bersifat fleksibel, menciptakan lingkungan kolaboratif, memberikan penghargaan dan pengakuan serta mengembangkan profesionalitas guru, dan (3) Self-efficacy dapat mewujudkan profesionalitas guru dengan cara melalui pelatihan dan pengembangan profesional, memberikan dukungan dan umpan balik positif, serta pemberian fasilitas berkolaborasi dan bertukar pengalaman dengan guru. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa gaya kepemimpinan demokratis dapat meningkatkan self-efficacy guru untuk mewujudkan profesionalitas guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Zumrotul Khasanah
Date Deposited: 20 Aug 2024 02:41
Last Modified: 20 Aug 2024 02:45
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1247

Actions (login required)

View Item View Item