Hanana, Faza (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER (LT) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MIN 2 REMBANG TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
1. HALAMAN AWAL.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (464kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
|
Text
3. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (729kB) |
|
Text
4. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (913kB) |
|
Text
5. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
|
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (454kB) |
|
Text
7. CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Faza, Hanana 2020. Pengaruh Model Kooperatif tipe Learning Together (LT) Pada Pembelajaran Tematik dalam Meningkatkan Karakter Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 2 Rembang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Herman Khunaivi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikkan seberapa besar pengaruh model kooperatif tipe learning together pada pembelajaran tematik dalam meningkatkan karakter kreatif dan hasil belajar siswa kelas V. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini yaitu control group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 2 Rembang tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data hipotesis menggunakan Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kooperatif tipe learning together terdapat pengaruh terhadap peningkatan karakter kreatif siswa, dibuktikan dengan hasil presentase indikator karakter kreatif sebesar 78% sesuai dengan kriteria predikat “Kreatif” pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol diperoleh presentase sebesar 55% dengan predikat “Cukup Kreatif”. Selisih indikator karakter kreatif sebesar 23%. Pada variabel hasil belajar siswa menunjukkan tidak ada pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dengan perolehan taraf signifikansi (0,915 > 0,05). Rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,18 sedangkan kelas kontrol 77,72. Selisih dari perbedaan dua rata-rata kelas tersebut 0,46. Hal ini menunjukkan bahwa taraf signifikansi lebih besar dari 0,05 yang artinya H0 diterima dan Ha ditolak. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together, Karakter Kreatif, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together, Karakter Kreatif, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 12 Aug 2023 03:41 |
Last Modified: | 12 Aug 2023 03:41 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/123 |
Actions (login required)
View Item |