Arifana, Lathifah (2024) KETERAMPILAN GURU KELAS DALAM MENERAPKAN VARIASI GAYA MENGAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (11MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (27MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (35MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
ABSTRAK Arifana, Lathifah. 2024. “Keterampilan Guru Kelas Dalam Menerapkan Variasi Gaya Mengajar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka” Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah. STAI Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Nely Rahmawati Zaimah, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa kelas IV A lebih semangat dalam melaksanakan proses pembelajaran dibandingkan siawa kelas IV B cenderung tidak bersemangat dan kurang minat dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan variasi gaya mengajar di kelas IV A dan IV B dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Negri 1 Rembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan atau metode komparasi. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas IV A dan IV B di MI Negri 1 Rembang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Variasi gaya mengajar, dalam hal ini guru Bahasa Indonesia kelas IV A di MI Negri Rembang sudah menggunakan beberapa komponen variasi gaya mengajar yaitu variasi dalam gaya mangajar, variasi media dan bahan mengajar, dan variasi interaksi. Guru Bahasa Indonesia kelas IV B belum menggunakan beberapa komponen variasi gaya mengajar di dalam proses mengajar. 2. Kendala yang dialami guru Bahasa Indonesia kelas IV A dan IV B yaitu dalam memberi penguatan dan penekanan kepada siswa, yaitu karena siswa sulit untuk menerima arahan dari guru. Kata Kunci: Keterampilan Guru, Kurikulum Merdeka, variasi Gaya Mengajar.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Lathifah Arifana Arifana |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 03:06 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 03:06 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1213 |
Actions (login required)
View Item |