METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) PADA PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBEKALI KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA TUNARUNGU KELAS 5.2 SLB NEGERI SEMARANG

Nafisah, Sintya Zahrotun (2024) METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) PADA PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBEKALI KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA TUNARUNGU KELAS 5.2 SLB NEGERI SEMARANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (990kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (759kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (801kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nafisah, Sintya Zahrotun. 2024. Metode Maternal Reflektif (MMR) pada Pembelajaran PAI dalam Membekali Kemampuan Baca Tulis Al�Qur’an Siswa Tunarungu Kelas 5.2 SLB Negeri Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Muhammad Jamil, Lc., M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan yang dialami siswa tunarungu dalam mempelajari baca tulis Al-Qur’an karena hambatan pada pendengaran dan alat bicaranya. Siswa tunarungu membutuhkan suatu metode khusus untuk melatih kesensitifan pendengaran dan melatih alat bicaranya untuk mempelajari baca tulis Al-Qur’an, yakni Metode Maternal Reflektif (MMR). Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru PAI kelas 5.2 tunarungu. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan Metode Maternal Reflektif (MMR) pada pembelajaran PAI materi baca tulis Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Metode Maternal Reflektif (MMR) pada pembelajaran PAI materi baca tulis Al-Qur’an di kelas 5.2 tunarungu SLB Negeri Semarang prosesnya mencapai empat tahap. 1) Tahap perdati dilakukan dengan guru bersama siswa melakukan percakapan yang mengarah pada pengalaman siswa tunarungu. Hambatannya yaitu kurangnya pemahaman guru terhadap bahasa isyarat yang disampaikan oleh siswa tunarungu. 2) Tahap percami dilakukan dengan guru bersama siswa tunarungu membaca lafal-lafal yang divisualisasikan di papan tulis. Hambatannya yaitu makhārij al-ḥurūf yang belum baik dan benar siswa tunarungu yang di rumah tidak belajar mengaji. 3) Tahap percali dilakukan dengan mengidentifikasi huruf hijaiah bersambung. Hambatannya yaitu lebih lambatnya siswa tunarungu yang tidak belajar mengaji di rumah memahami cara mengidentifikasi huruf hijaiah bersambung. 4) Tahap membaca reseptif dilakukan dengan membaca sambil memahami perubahan bentuk huruf hijaiah ketika tunggal dan setelah disambung. Hambatannya yaitu keterampilan berbahasa yang masih kurang dan ejaan yang belum jelas pada siswa tunaganda. Kata Kunci: Metode Maternal Reflektif (MMR), Pembelajaran PAI, Baca Tulis Al-Qur’an, Tunarungu.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Sintya Zahrotun Nafisah
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:02
Last Modified: 19 Aug 2024 03:02
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1211

Actions (login required)

View Item View Item