STRATEGI GURU PAI DALAM MELATIH MOTORIK MELALUI PRAKTIK SALAT SISWA TUNADAKSA KELAS 2 DAN 3 DI SLB NEGERI SEMARANG

Ni'matul, Amaliya (2024) STRATEGI GURU PAI DALAM MELATIH MOTORIK MELALUI PRAKTIK SALAT SISWA TUNADAKSA KELAS 2 DAN 3 DI SLB NEGERI SEMARANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (432kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (499kB)
[img] Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya hambatan motorik yang dialami siswa tunadaksa yang memiliki keterbatasan pada fisiknya, namun ketika pembelajaran PAI siswa tunadaksa masih banyak yang tidak memperatikan guru dan ada beberapa yang berbicara sendiri. Kemudian dalam praktiknya masih banyak siswa yang belum bisa dalam hal bacaan dan gerakan salatnya. Siswa tunadaksa dalam praktik salat saja masih membutuhkan bantuan dan perhatian secara lebih dari orang lain, terlebih untuk melakukan aktivitas yang lainnya. Maka dari itu peneliti memiliki rasa ingin tahu terkait bagaimana strategi guru PAI dan bagaimana hasil yang diperoleh siswa tunadaksa dari adanya strategi guru PAI dalam melatih motorik melalui praktik salat. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek data dalam penelitian ini adalah guru PAI, sedangkan informannya adalah guru kelas 2 dan 3 tunadaksa serta orangtua siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan peneliti dengan strategi yang digunakan guru PAI bertolak belakang. Namun berdasarkan teori yang digunakan peneliti dengan yang ditemukan di lapangan ada beberapa yang memiliki kesamaan. Hasil yang diperoleh siswa dalam pembelajaran salat yang dilakukan di SLB Negeri Semarang khususnya di ketunaan daksa ini sudah baik dan disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki siswa. Selain itu siswa juga sudah bisa mempraktikkannya dalam kehidupan sehari�harinya di rumah baik dengan bantuan orangtua maupun tidak. Terdapat dua siswa yang sudah dapat melakukan gerakan salat dengan baik mulai dari takbir hingga salam. Namun dua siswa yang lainnya masih kesulitan dalam melakukan takbir dan ruku’. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Motorik, Praktik Salat, Siswa Tunadaksa

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ni'matul Amaliya
Date Deposited: 14 Aug 2024 03:59
Last Modified: 14 Aug 2024 03:59
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1197

Actions (login required)

View Item View Item