Laila Rohmatul, Laila Rohmatul Umah (2024) Respon Guru Madrasah Ibtidaiah Terhadap Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka. skripsi thesis, STAI Al-Anwar.
Text
halaman awal.pdf Download (931kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (187kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) |
|
Text
bab 5.pdf Download (157kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (162kB) |
|
Text
curiculum vitae.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang diterapkan untuk menanggapi kesenjangan dalam melaksanakan pembelajaran pada kompetensi dan karakter siswa. Namun, setiap adanya perubahan kurikulum baru membawa dampak kepada guru dalam melaksanakan pembelajaran. Oleh sebab itu, terjadilah respon yang berbeda beda dalam menanggapi perubahan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon guru terhadap implementasi progam kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di MIN 1 Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek utama adalah guru dan tim fasilitator yang memiliki kewenangan dalam kegiatan P5PPRA. Subjek pendukung adalah kepala sekolah, serta objeknya adalah implementasi kegiatan P5PPRA di MIN 1 Banyuwangi. Teknik pengumpulan data meliputi: wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: respon guru MIN 1 Banyuwangi terhadap implementasi progam kegiatan P5PPRA dapat dikatakan baik. Meskipun, terdapat salah satu unsur yang masih belum dipahami oleh guru MIN 1 Banyuwangi dalam menyusun modul P5PPRA. Adapun respon yang dapat diketahui yaitu: respon kognitif; dapat terlihat pada kegiatan P5PPRA tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi; respon afektif dapat terlihat melalui keteladanan guru dan antusias guru dalam menambah wawasan; dan respon konatif; dapat terlihat melalui tindakan guru dalam mengembangkan tema dan evaluasi. Kata Kunci: Respon Guru, Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kebijakan Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | laila rohmatul |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:57 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:57 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1171 |
Actions (login required)
View Item |