Sintia, Alfiani (2024) Pembelajaran Berbasis HOTS pada Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Membentuk Critical Thinking Siswa Kelas IV B Mapel Pendidikan Pancasila di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
1-HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
2-BAB I.pdf Download (705kB) |
|
Text
3-BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
4-BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) |
|
Text
5-BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
6-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) |
|
Text
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (577kB) |
|
Text
8-CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
|
Text
9-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kebutuhan abad ke-21 yang harus dipenuhi oleh siswa zaman sekarang. kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat segala informasi mudah didapat baik informasi positif ataupun negatif, fakta ataupun hoaks, sehingga menuntut siswa untuk kritis dalam menerima setiap informasi yang didapat. selain itu, kompleksnya permasalahan yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari membuat kebanyakan siswa belum mampu menyelesaikannya dengan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru IV B dalam melaksanakan pembelajaran berbasis HOTS pada implementasi Kurikulum Merdeka dalam membentuk critical thinking siswa IV B di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek utama penelitian adalah guru kelas IV B dan siswa kelas IV B, dan objeknya adalah pelaksanaan pembelajaran berbasis HOTS pada Kurikulum Merdeka dan critical thinking siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbasis HOTS di kelas IV B SD Islam Sultan Agung 4 Semarang dapat membentuk critical thinking siswa kelas IV B. Kemampuan critical thinking siswa terlihat pada saat kegiatan menyelesaikan permasalahan kontekstual yang terjadi di Lingkungan siswa. Siswa dapat menyelesaikan permasalahan melalui indikator critical thinking dan mampu menguasai setiap indikator critical thinking, di antaranya: mampu mengenalimasalah, mengidentifikasi masalah, mengumpulkan dan menyusun informasi, mengenali asumsi, kesimpulan dan self regulation
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Sintia Alfiani |
Date Deposited: | 06 Jul 2024 02:07 |
Last Modified: | 06 Jul 2024 02:07 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1159 |
Actions (login required)
View Item |