STRATEGI DAN MODEL PEMBELAJARAN GURU PAI DALAM PRAKTIK SALAT SISWA TUNAGRAHITA KELAS C-5.1 DI SDLB NEGERI SEMARANG

Rohimatut, Taufiqiyah (2024) STRATEGI DAN MODEL PEMBELAJARAN GURU PAI DALAM PRAKTIK SALAT SISWA TUNAGRAHITA KELAS C-5.1 DI SDLB NEGERI SEMARANG. skripsi thesis, STAI AL-ANWAR SARANG REMBANG.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (501kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (574kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy

Abstract

Taufiqiyah, Rohimatut. 2024. Strategi Dan Model Pembelajaran Guru PAI Dalam Praktik Salat Siswa Tunagrahita Kelas C-5.1 SDLB Negeri Semarang. Skripsi Pendidikan Guru Madrasah ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Muhammad Jamil, L.c., M.Pd.I. Guru harus mengetahui karakteristik dan kebutuhan dari setiap siswa. Terlebih dengan siswa tunagrahita yang memiliki hambatan pada intelegensinya yaitu intelegensinya di bawah rata-rata siswa pada umumnya. Oleh karena itu, guru mempunyai peran yang sangat penting untuk melatih siswa tunagrahita dalam pembelajaran praktik salat pada pengaplikasian rukun kauli serta rukun fikli. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi dan model pembelajaran guru PAI dalam praktik salat siswa tunagrahita kelas C-5.1 SDLB Negeri Semarang dan mendeskripsikan hambatan serta solusi dari proses pembelajaran praktik salat siswa tunagrahita kelas C-5.1 SDLB Negeri Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran praktik salat di kelas C-5.1 SDLB Negeri Semarang, guru menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Guru juga menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction) dan metode pembelajaran yang digunakan guru adalah metode pembelajaran ceramah, demonstrasi, dan drill. Guru melatih praktik salat di kelas tunagrahita dengan cara membacakan bacaan dalam salat (rukun kauli), setelah itu guru mendemonstrasikan gerakan (rukun fikli) beriringan dengan bacaannya kemudian siswa menirukan. Hambatannya yaitu siswa susah untuk memahami materi pelajaran, siswa cenderung mudah lupa, mudah terpancing emosinya, dan kefokusan atau konsentrasi siswa mudah terganggu. Solusinya guru harus sabar ketika mengajar di kelas tunagrahita, materi pelajaran yang sama harus sering untuk diulang-ulang, materi yang diberikan harus menyenangkan, dan selalu ada komunikasi antara guru dan wali siswa. Kata Kunci: Strategi dan Model Pembelajaran Guru PAI, Tunagrahita, Praktik Salat.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Rohimatut Taufiqiyah Rohimatut Taufiqiyah
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:56
Last Modified: 02 Jul 2024 03:56
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1146

Actions (login required)

View Item View Item