Analisis Pembelajaran PAI Berbasis Kitab Kuning Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas V SD Islam Umar Harun Sarang

Burhanudin, Muhammad (2024) Analisis Pembelajaran PAI Berbasis Kitab Kuning Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas V SD Islam Umar Harun Sarang. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (710kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (579kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (680kB)
[img] Text
LAMPIRRRAN-LAMPIRRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan menurunnya karakter anak karena kurangnya pemahaman agama yang bersumber dari Al-Qur'an dan Hadits. Adanya pembelajaran PAI berbasis kitab kuning berupaya menjadi sarana pembentukan karakter religius siswa, sehingga siswa memiliki pemahaman dan fondasi kuat dari materi kitab kuning. Penelitian ini bertujuan menjelaskan proses pembelajaran PAI berbasis kitab kuning pada implementasi kurikulum merdeka dalam membentuk karakter religius kelas V SD Islam Umar Harun Sarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu pembelajaran PAI berbasis kitab kuning pada implementasi kurikulum merdeka dilakukan melalui perencanaan,pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan melakukan penyusunan perangkat pembelajaran. Pelaksanaan dilakukan selama empat hari satu kitab, mengaitkan isi kitab alala dan khulasah nur al-yaqin dengan kegiatan sehari-hari siswa melalui kegiatan yang variatif. Di akhir pembelajaran melakukan refleksi diri siswa serta evaluasi berupa asesmen formatif. Pembelajaran PAI berbasis kitab kuning merupakan upaya dalam pembentukan karakter religius dengan memberikan penguatan melalui materi pada kitab alala dan khulasah nur al-yaqin. Karakter religius yang terlihat pada siswa kelas V yaitu mengucapkan salam, melaksanakan ibadah sehari-hari, berdoa sebelum dan sesudah kegiatan, memiliki akidah yang baik, mengikuti kegiatan keagamaan, menghormati orang tua,menjalin persaudaraan dan kebaikan antar teman, berperilaku terpuji serta menjauhi akhlak tercela. Implikasi penelitian ini yaitu memberikan kontribusi pada dunia pendidikan, terkhusus pembelajaran yang bertujuan membentuk karakter religius siswa dengan menggunakan media yang kreatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Muhammad Burhanudin
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:18
Last Modified: 12 Jun 2024 07:18
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1074

Actions (login required)

View Item View Item