ANALISIS KECUKUPAN MODUL AJAR SISWA DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KELAS 4 DI MI NEGERI 1 TUBAN

Sukmaraga, Hengky (2024) ANALISIS KECUKUPAN MODUL AJAR SISWA DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KELAS 4 DI MI NEGERI 1 TUBAN. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
Bagian Awal.pdf

Download (939kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)

Abstract

Pengaplikasian modul ajar yang disusun oleh guru sebagai suatu rancangan dalam kegiatan pembelajaran menjadi suatu pembaharuan dalam Kurikulum Merdeka di jenjang pendidikan dasar. Hal ini menjadi menarik peneliti untuk sejalan dengan tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan analisis kecukupan modul ajar siswa dan menjelaskan bagaimana penerapan modul ajar siswa dalam Kurikulum Merdeka di MI Negeri 1 Tuban. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan fokus penelitian pada Modul Ajar Pendidikan Pancasila di kelas 4A dengan subjek penelitian ini ialah siswa dan guru kelas 4A di MI negeri 1 Tuban. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokuemntasi. Hasil penelitian ini yaitu modul ajar yang disusun guru masih belum cukup karna terdapat beberapa aspek yang kurang dari segi komponen modul ajar, fungsi dan tujuan dibuatnya modul ajar. Dan dari segi penerapan modul ajar itu sendiri, guru melaksanakan serangkaian proses kegiatan pembelajaran dengan cukup baik, efektif, dan efesien meskipun terdapat hal yang masih belum terlaksana dari apa yang ada dalam modul ajar. Dengan adanya hasil ini, diharapkan agar guru mampu melaksanakan pembelajaran sesuai dengan modul ajar dan menyusun modul ajar secara lengkap agar penerapan bisa lebih cukup.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > BV Practical Theology
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Syariah > Program Studi Perbandingan Mazhab
Depositing User: hengky sukmaraga hengky
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:20
Last Modified: 12 Jun 2024 07:20
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1073

Actions (login required)

View Item View Item