Muaffa, Isti'malul (2024) Asesmen formatif pada pembelajaran ipas siswa kelas iv dalam implementasi kurikulum merdeka di sd islam an-nawawiyyah Rembang. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (158kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
|
Text
LAMPIRAN LAPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Asesmen formatif diperlukan untuk memperoleh informasi terkait efektifitas pembelajaran sedini mungkin, namun selama ini dalam pembelajaran sebagian besar sekolah masih menggunakan asesmen sumatif yakni dilakukan diakhir pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan asesmen formatif pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV SD Islam An-Nawawiyyah Rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Sumber data dalam peneliti ini adalah guru kelas IV dan Kepala SD Islam An-Nawawiyyah Rembang. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penilaian atau asesmen yang diterapkan di SD Islam An-Nawawiyyah pada kurikulum merdeka yakni asesmen formatif pada kelas IV. 2) langkah-langkah yang strategis dalam penerapan asesmen formatif yaitu menyusun teknik penilaian formatif dalam pembelajaran diantaranya seorang guru mendapati keterlambatan pemahaman siswa dalam menerima pelajaran. Prosedur dalam penilaian formatif salah satu diantaranya yaitu menyiapkan langkah tindak lanjut, dimana seorang guru meluangkan waktu untuk membimbing atau memberi jam tambahan diluar sekolah bagi siswa yang mengalami keterlambatan pemahaman dalam pelajaran, hal ini terlihat dari guru dalam melaksanakan perencanaan pembelajaran menyusun tujuan pembelajaran (TP), dan alur tujuan pembelajaran (ATP), serta modul ajar yang disusun sudah sesuai. Pelaksanaan ini guru telah melaksanakan diferensiasi pembelajaran berdasarkan proses. Kata Kunci: Asesmen Formatif, Implementasi Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPAS
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Isti'malul Muaffa |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 06:52 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 06:52 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1057 |
Actions (login required)
View Item |