EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KARAS TAHUN AJARAN 2019/2020

Majid, M. Rofiqul (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KARAS TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
1. HALAMAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Majid, M. Rofiqul. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Divisions) Pada Pembelajaran Tematik Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pembentukan Karakter Peduli Sosial Siswa Kelas V SD Negeri 1 Karas Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Herman Khunaivi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada pembelajaran tematik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pembentukan karakter peduli sosial siswa kelas V SD Negeri 1. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Karas yang berjumlah 21 siswa yang dibagi kedalam 5 kelompok. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis kemampuan berpikir kritis diolah menggunakan uji normalitas (One Sample Kolmogorov Smirnov z) dan uji t (Paired Sample T Test). Sedangkan analisis karakter peduli sosial pada penelitian ini mengunakan analisis deskriptif kategori perkembangan karakter peduli sosial terbagi menjadi lima kategori, yaitu belum terlihat, mulai terlihat, mulai berkembang, sudah berkembang, dan sudah menjadi kebiasaan. Hasil penelitian pada uji Paired Sample T Test diperoleh nilai signifikasi 0.03 < 0,05. Sehingga dapat diambil kesimpulan H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya model pembelajaran kooperatif tipe efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai rata-rata 6.80 saat pretest menjadi 8.40 saat posttest. Selain itu, hasil observasi menunjukkan perubahan kategori karakter peduli sosial siswa sebelum dan sesudah diberikan tindakan berupa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dari 2 kelompok mulai berkembang dan 3 kelompok menjadi 2 kelompok sudah berkembang dan 3 kelompok sudah menjadi kebiasann. Selain itu, nilai rata-rata kelompok meningkat dari 6.80 saat pretest menjadi 8.40 saat posttest. Kata kunci: Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions), Karakter Peduli Sosial, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions), Karakter Peduli Sosial, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 12 Aug 2023 03:40
Last Modified: 12 Aug 2023 03:40
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/105

Actions (login required)

View Item View Item