PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI AN-NASHRIYAH LASEM TAHUN AJARAN 2019/2020

Umi, Miftakhul (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI AN-NASHRIYAH LASEM TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
1_HALAMAN AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2_BAB I.pdf

Download (829kB)
[img] Text
3_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
4_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)
[img] Text
6_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
8_CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (598kB)
[img] Text
9_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Umi, Miftakhul. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI An-Nashriyah Lasem Tahun Ajaran 2019/2020 Skripsi. Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Zainal Arifin, M.Pd. Penelitian ini dimotivasi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V MI AnNashriyah Lasem Rembang. Hal ini disebabkan adanya pendapat bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit, menakutkan dan dipenuhi dengan menghitung. Proses pembelajaran yang terlaksana di kelas V MI AnNashriyah masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Kebanyakan siswa kelas V MI An-Nashriyah hanya mendengarkan kemudian mengerjakan soal latihan dari materi yang telah disampaikan. Maka diperlukan model pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan, yaitu model project based learning (PjBL). Model pembelajaran ini diharapkan bisa membuat siswa berfikir kritis, kreatif, berkelompok, bekerjasama menyelesaikan suatu project agar siswa terondisi aktif dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar matematika dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh model pembelajaran projet based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MI An-Nashriyah Lasem pada materi jaring-jaring kubus dan balok. Penelitian ini berjenis kuantitatif dan menggunakan desain non equivalent control group design. Subjek penelitian adalah kelas V A dan V B MI An-Nashriyah yang berjumlah 61 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen sebesar 74,23 dan kelas kontrol sebesar 72,03. Proses uji hipotesis menghasilkan nilai asymp.sig(2-tailed) sebesar 0,469 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima (hipotesis ditolak), artinya tidak ada pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar matematika materi jaring-jaring kubus dan balok siswa kelas V MI An-Nashriyah Lasem tahun ajaran 2019/2020. Saran yang diberikan pada pembelajaran matematika hendaknya guru dapat menerapkan dan mengembangkan model pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan menyenangkan supaya menarik semangat belajar siswa sehingga dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar, Matematika, Siswa Kelas V

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar, Matematika, Siswa Kelas V
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 12 Aug 2023 03:40
Last Modified: 12 Aug 2023 03:40
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/103

Actions (login required)

View Item View Item