Fachrur Rozi, Mokhammad (2023) Model Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas IV MI Terpadu Al Anwar Sarang Rembang. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
BAB 1.pdf Download (604kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (639kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
Abstract
Fachrur Rozi, Mokhammad. 2023. Model Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas IV MI Terpadu Al Anwar Sarang Rembang. Pembimbing : Muhammad Jamalul Huda, M. Pd. Pendidikan Nasional memiliki fungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bertabat. Namun, fakta yang ada di lembaga pendidikan masih mengalami berbagai permasalahan, seperti adanya siswa yang sering tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan secara mendalam tentang model pola asuh orang tua dalam pembentukan karakter tanggung jawab siswa kelas IV MI Terpadu Al Anwar Sarang Rembang. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian adalah orang tua dan guru kelas IV, sedangkan obyek dalam penelitian adalah pola asuh orang tua dalam pembentukan karakter tanggung jawab siswa kelas IV MI Terpadu Al Anwar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap orang tua memiliki cara tersendiri dalam membentuk pola asuh jawab siswa. Salah satunya adalah pola asuh yang penerapannya otoritatif yaitu komunikasi dua arah antara anak dengan orang tua. Pola asuh otoriter berupa penerapan kontrol dalam diri anak secara terus menerus yang mana anak merasa dirinya tertekan. pola asuh permisif yaitu sebuah upaya yang memprioritaskan kepada kenyamanan dalam diri siswa. Pola asuh Neglectful berupa pemberian batasan pada secara tegas kepada anak dan cenderung orang tua tidak memperhatikan kebutuhan anaknya dengan kata lain, orang tua acuh tak acuh dengan anaknya. Dengan demikian setelah adanya dukungan dari orang tua dengan cara berkomunikasi dengan siswasiswinya, pengawasan secara ketat oleh orang tua. Secara tidak langsung karakter siswa tidak jauh dari orang tuanya sendiri. Kata kunci: Pola Asuh Orang tua, Pendidikan Karakter, Tanggung Jawab
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Perkembangan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sosiologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Nurul Huda 11 |
Date Deposited: | 04 May 2024 02:31 |
Last Modified: | 04 May 2024 02:31 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/970 |
Actions (login required)
View Item |