Ana Rohmawati, STAI Al-Anwar Sarang Rembang, Intan Aulia R., Ana Rohmawati (2023) Judul, Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI An-Nashriyah Lasem. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang.
Text
cover skripsi ana r.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I ana revisi arab.pdf Download (460kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA ana r.pdf Download (568kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN ana r.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) |
|
Text
BAB V PENUTUP ana r.pdf Download (193kB) |
|
Text
BAB IV ana r.pdf Restricted to Registered users only Download (874kB) |
|
Text
BAB V PENUTUP ana r.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA ana r.pdf Download (312kB) |
|
Text
LAMPIRAN dan cv ana r.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Rohmawati, Ana. 2023. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI An-Nashriyah Lasem. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah. STAI Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Intan Aulia Rakhmawati, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV MI An-Nashriyah Lasem. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV MI An-Nashriyah Lasem tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 129 siswa. Sampel dalam penelitian adalah kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan IV D sebagai kelas kontrol yang masing-masing sebanyak 32 siswa setiap kelasnya. Data penelitian ini dihimpun menggunakan angket dan tes. Data angket pada penelitian ini digunakan untuk mengumpulkan data variabel hasil belajar dan model PBL dalam kegiatan pembelajaran matematika. Sementara itu, metode tes dapat digunakan untuk menghimpun data tentang hasil belajar matematika siswa kelas IV. Teknik analisis data menggunakan uji-t data berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikansi secara baik antara model PBL dan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika siswa kelas IV MI An- Nashriyah Lasem pada tingkat sigfnifikansi 5%. Kata Kunci: Pengaruh, Model PBL, Hasil Belajar Matematika.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > BV Practical Theology Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ana Rohmawati |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 06:24 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 06:24 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/966 |
Actions (login required)
View Item |