Respon Guru Kelas terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka di MIN 2 Bojonegoro

Dea, Dea Romadhoni Evitasari (2024) Respon Guru Kelas terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka di MIN 2 Bojonegoro. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text (Cover)
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)

Abstract

Romadhoni, Dea Evitasari. 2023. Respon Guru Kelas terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka di MIN 2 Bojonegoro. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Anwar. Pembimbing: Syamsul Hadi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon guru kelas I dan IV terhadap penerapan kurikulum merdeka yang telah diterapkan di MIN 2 Bojonegoro. Berawal dari ditetapkannya MIN 2 Bojonegoro sebagai salah satu sampel penerapan kurikulum merdeka di tahun pertama. Oleh sebab itu banyak konsep yang harus didapatkan atau dipelajari oleh guru kelas I dan IV, sehingga kurikulum merdeka dapat diterapkan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan studi lapangan. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara terstruktur, observasi dan analisis dokumen. Data temuan penelitian dianalisis dengan teori terbentuknya respon SOR dan dikaitkan dengan respon kognitif, afektif maupun konatif. Kajian ini menemukan bahwa respon kognitif guru kelas I dan IV terhadap kurikulum merdeka tidak begitu terlihat atau pengetahuannya tentang kurikulum merdeka masih minim. Pengetahuan yang masih minim tersebut menimbulkan respon afektif berupa penerimaan terhadap kurikulum merdeka. Respon afektif yang terjadi pada guru kelas I adalah sudah menerima dan senang adanya penerapan kurikulum merdeka, sedangkan guru kelas IV kurang menerima atau kurang senang adanya kurikulum merdeka. Respon kognitif dan konatif yang demikian juga berpengaruh pada respon konatif guru kelas dalam menerapkan kurikulum merdeka. Respon konatifnya yaitu, guru kelas masih belum menerapkan konsep kurikulum merdeka secara utuh dalam arti masih berdasarkan tuntutan teoretis. Oleh sebab itu, kurikulum merdeka yang diterapkan di MIN 2 Bojonegoro belum sepenuhnya dapat dikatakan sesuai kebutuhan peserta didik. Kata Kunci : Respon kognitif, Afektif, dan konatif, Kurikulum Merdeka, Teori SOR.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Dea Romadhoni Romadhoni
Date Deposited: 10 Feb 2024 02:46
Last Modified: 10 Feb 2024 02:46
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/950

Actions (login required)

View Item View Item