ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDS IT AZ-ZAHRA

Kholid, Ummi Kulsum (2023) ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDS IT AZ-ZAHRA. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum merdeka sebagai kebijakan baru atau sebagai kurikulum baru dalam dunia pendidikan pasti pada implementasinya membutuhkan modal kesiapan yang mendalam, agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka terkait aspek perencanaan kurikulum satuan pendidikan (pemahaman struktur kurikulum), pembelajaran sesuai tahap belajar peserta didik, perencanaan alur tujuan pembelajaran (ATP), penerapan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, penggunaan dan pengembangan perangkat ajar, perencanaan pembelajaran dan asesmen. Banyaknya aspek tersebut menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka tidak mudah dan apabila guru kurang memiliki kesiapan-kesiapan dalam aspek tersebut bukan berarti guru tidak serius dalam menerapkan kurikulum merdeka pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kesiapan guru SDS IT Az-Zahra dalam pelaksanaan pembelajaran pada implementasi kurikulum merdeka; (2) mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi guru SDS IT Az-Zahra dalam implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas II-Unggulan, II-A, II-B, V-A, V-B, dan V-C SDS IT Az-Zahra, sedangkan objek penelitian ini adalah adalah kesiapan guru kelas II-Unggulan, II-B, II-C dan V-A, V-B,V-C dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan guru sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran, karena dengan kesiapan yang matang akan memudahkan guru dalam penyampaian materi, manajemen pengelolaan kelas dan pembangunan pembelajaran yang aktif , inovasif dan kreatif. Kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka di SDS IT Az-Zahra dilakukan dengan beberapa kesiapan, terutama dalam pemahaman struktur kurikulum merdeka. Upaya yang dilakukan guru ialah dengan belajar bersama dengan guru separalel, mengikuti pelatihan-pelatihan dan sosialisasi bersama fasilitator. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa guru SDS IT Az-Zahra pada implementasi kurikulum merdeka dalam pelakasanaan pembejaran sudah bagus, akan tetapi beberapa guru mengalami kendala dalam administrasi pembelajaran. hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman guru terkait administrasi pembelajaran. Kata Kunci: kesiapan guru, pembelajaran, kurikulum merdeka

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ummi Kulsum Kholid
Date Deposited: 25 Dec 2023 05:01
Last Modified: 25 Dec 2023 05:01
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/937

Actions (login required)

View Item View Item