PERAN GURU DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD IT AVICENNA LASEM

Pujiwati, Pujiwati (2023) PERAN GURU DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD IT AVICENNA LASEM. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
COVER DKK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)

Abstract

ABSTRAK Pujiwati. 2023. Peran Guru dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka Belajar di SD IT Avicenna Lasem. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Nely Rahmawati Zaimah, M. Pd.I. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Peran guru dalam mewujudkan profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka belajar di SD IT Avicenna Lasem; (2) Faktor penghambat peran guru dalam mewujudkan profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka belajar di sd it avicenna lasem. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini guru kelas IV B dan guru PAI kelas IV B. Objek penelitian peran guru dalam mewujudkan profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka belajar di SD IT Avicenna Lasem. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh: Guru sebagai pendidik pengajar, dan pembimbing dalam mentransfer ilmu kepada peserta didik, guru sebagai motivator dalam membangkitkan gairah semangat belajar peserta didik, guru sebagai fasilitator dalam memfasilitasi segala yang diperlukan untuk mendukung terlaksananya pembelajaran di sekolah, dan guru sebagai evaluator untuk mengevaluasi hasil dari pembelajaran yang telah dilakukan. Hambatan guru dalam mewujudkan profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka belajar di SD IT Avicenna Lasem, terfokus pada profil pelajar pancasila pertama yaitu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia terletak pada: Terbatasnya imam salat pada kegiatan ubudiah dan beberapa orang tua tidak segera menjemput peserta didik pada jam pulang sekolah. Kata kunci: Peran Guru, Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka Belajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kebijakan Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Puji wati
Date Deposited: 01 Dec 2023 06:18
Last Modified: 01 Dec 2023 06:18
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/886

Actions (login required)

View Item View Item