Aulia, Rifqotul (2023) ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH TENTANG ANBK TINGKAT MI NEGERI SE-KABUPATEN REMBANG : DITINJAU DARI KESIAPAN SEKOLAH. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (757kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (206kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (882kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pengamatan tentang kesiapan sekolah dalam pelaksanaan ANBK 2022 tingkat MI Negeri Se-Kabupaten Rembang. Penelitian ini menganalisis peraturan perundang-undangan yang menjadi kebijakan pemerintah terkait ANBK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi, kendala dan upaya solutif yang mencakup kesiapan infrastruktur, sumber daya manusia, dan administrasi pelaksanaan asesmen nasional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu, kepala satuan pendidikan, pendidik, proktor, dan peserta didik. Objek penelitian ini meliputi kesiapan infrastruktur, sumber daya manusia, dan administrasi asesmen nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kesiapan sekolah pada pelaksanaan ANBK 2022 yaitu 1) fasilitas teknologi informasi dan komunikasi yang tersedia sesuai Prosedur Standar Operasional (POS) asesmen nasional 2022. 2) sumber dana yang tercukupi. 3) laboratorium/ruang asesmen yang memadai. 4) kepala satuan pendidikan, pendidik, peserta didik sebagai peserta asemen nasional memiliki kesiapan yang baik secara teknis. 5) proktor, teknisi dan pengawas menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. 6) sekolah memiliki tim pelaksana ANBK 2022. 7) sekolah tidak memiliki sumber belajar khusus untuk menunjang ANBK. 8) terdapat beberapa kendala teknis yang teratasi oleh tim pelaksana ANBK. Meskipun telah dilakukan persiapan yang matang, terdapat beberapa kendala teknis seperti jumlah komputer yang terbatas dan masalah server yang perlu mendapatkan perhatian. Selain itu sekolah perlu menyediakan buku penunjang asesmen kompetensi minimum dan penambahan jam belajar siswa.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kebijakan Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Rifqotul Aulia |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 05:10 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 05:10 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/863 |
Actions (login required)
View Item |