Peran positive deviance guru dalam pembelajaran matematika untuk anak slow learners di kelas IV MI Negeri 1 Rembang

Septyanengtyas, Mentari (2023) Peran positive deviance guru dalam pembelajaran matematika untuk anak slow learners di kelas IV MI Negeri 1 Rembang. skripsi thesis, STAI AL-ANWAR SARANG REMBANG.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (577kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang terjadi dalam menangani anak slow learners, anak slow learners merupakan anak yang memiliki kemampuan kognitif di bawah anak-anak normal. Untuk itu masih banyak guru yang kesulitan dalam menentukan pendekatan yang tepat berdasarkan karakteristik serta permasalahan yang dialami oleh anak slow learners. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi peran positive deviance guru dalam pembelajaran matematika untuk anak slow learners di MI Negeri 1 Rembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek penelitian ini adalah koordinator bidang kurikulum dan guru kelas IV MI Negeri 1 Rembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Peran positive deviance guru mampu menjadi solusi untuk mengembangkan kemampuan anak slow learners. Pengimplementasian dilakukan dengan mengoptimalkan kegiatan pembelajaran untuk melatih keaktifan serta memberikan kesempatan lebih kepada anak slow learners untuk ikut andil selama proses pembelajaran matematika. Guru juga memberikan pendampingan kepada orang tua anak slow learners untuk bekerja sama dalam melatih keterampilan anak di rumah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran positive deviance guru, mampu mengembangkan rasa percaya diri serta membuat kemampuan daya ingat, kemampuan berkoordinasi, bersosialisasi, dan berkomunikasi anak slow learners menjadi semakin baik

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Perkembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Mentari Septyanengtyas
Date Deposited: 23 Nov 2023 05:09
Last Modified: 23 Nov 2023 05:09
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/835

Actions (login required)

View Item View Item