Rahmawati, Fina (2023) Peran Guru Kelas Dalam Mengembangkan Kecakapan Sosial Emosional Pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas IV SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (524kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (372kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Peran seorang guru dalam proses pembelajaran sangatlah penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Guru menjadi sosok yang bertanggung jawab untuk mendidik peserta didik ketika berada di lingkungan sekolah. Guru berperan membimbing peserta didik agar dapat mencapai tujuan pembelajaran sekaligus membimbing dalam pembentukan kepribadian, serta memiliki jiwa sosial yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam mengembangkan kecakapan sosial emosional melalui mata pelajaran PPKn siswa kelas IV di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deksriptif. Sumber data yang diambil oleh peneliti adalah guru IV B yang merupakan sumber utama dengan sumber pembanding siswa kelas IV B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi; observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan peneliti berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru kelas dapat terealisasikan dengan baik. Guru dapat menerapkan berbagai peran dalam proses pembelajaran yaitu sebagai pembimbing dan evaluator, pendidik dan pengajar, mediator dan fasilitator, model dan teladan serta sebagai motivator. Selain itu, guru juga dapat mengembangkan kecakapan sosial emosional peserta didik melalui self- awareness, sosial awareness, self-management dan relationship management. Tantangan yang harus dihadapi guru adalah mood peserta didik yang mudah berubah sehingga menghambat proses pengembangan sosial emosional.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Perkembangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Fina Rahmawati |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 02:48 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 02:48 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/833 |
Actions (login required)
View Item |