Fardhannia, Reni Ukhlufmiatun and UNSPECIFIED and UNSPECIFIED (2023) SELF-EFFICACY (EFIKASI DIRI) SISWA TUNANETRA PADA PEMBELAJARAN PAI PRAKTIK MEMBACA HURUF HIJAIAH MENGGUNAKAN HURUF BRAILLE. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB1.pdf Download (501kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (746kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (441kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Fardhannia, Reni Ukhlufmiatun, 2023, Self-Efficacy (Efikasi Diri) Siswa Tunanetra Pada Pembelajaran PAI Praktik Membaca Huruf Hijaiah Menggunakan Huruf Braille. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Danang Setyo Pambudi, S.Pd., M.Si. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada fenomena di kelas tunanetra SLB Negeri Semarang yaitu siswa belum sepenuhnya menguasai huruf braille hijaiah, dan kurangnya kepercayaan diri dalam praktik membaca huruf braille hijaiah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis self-efficacy siswa tunanetra pada pembelajaran PAI praktik membaca huruf hijaiah menggunakan huruf braille di SLB Negeri Semarang. Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa tunanetra kelas IV, V, dan VI SLB Negeri Semarang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi diuji keabsahan datanya dengan menggunakan uji kredibilitas melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan tahap kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa tunanetra kelas IV, V, dan VI memiliki tingkat self-efficacy (efikasi diri) yang tinggi terhadap kemampuannya dalam mempelajari huruf hijaiah menggunakan huruf braille. Mereka memiliki keyakinan diri dalam menghadapi tantangan belajar, aktif dalam pembelajaran, dan merasa termotivasi untuk terus belajar. Selain itu, pengalaman sukses dalam pembelajaran huruf braille hijaiah, baik dari pencapaian pribadi maupun melalui interaksi dengan teman sebaya juga berkontribusi pada peningkatan self-efficacy siswa tunanetra. Guru pendamping juga berperan sebagai model yang inspiratif dan memberikan dukungan verbal yang positif. Pujian dan umpan balik positif dari guru juga memperkuat keyakinan diri mereka. Kata Kunci: Self-efficacy, Tunanetra, PAI, Huruf Braille.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Reni Ukhlufmiatun Fardhannia |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 01:38 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 01:38 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/825 |
Actions (login required)
View Item |