TANTANGAN GURU DAN SEKOLAH DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 MENUJU KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MI NEGERI 1 BOJONEGORO

Sabila, Arina (2023) TANTANGAN GURU DAN SEKOLAH DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 MENUJU KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MI NEGERI 1 BOJONEGORO. skripsi thesis, STAI Al Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (561kB)
[img] Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)

Abstract

Sabila, Arina. 2023. Tantangan Guru dan Sekolah dalam Menghadapi Perubahan Penerapan Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Merdeka di MI Negeri 1 Bojonegoro. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang Rembang. Pembimbing: Herman Khunaivi, M.Pd. Perubahan kurikulum sudah menjadi hal yang biasa dilakukan khususnya di Indonesia. Perubahan Kurikulum 2013 menuju Kurikulum Merdeka tentunya tidak mudah dilakukan dengan adanya perubahan dari segala aspek untuk beberapa instansi khususnya Sekolah Dasar. Sehingga penerapan Kurikulum Merdeka menjadi tantangan tersendiri bagi setiap sekolah dan guru, sebagai subjek pendidikan yang berperan aktif dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui tantangan dan upaya yang dilakukan oleh guru maupun sekolah dalam menghadapi perubahan penerapan Kurikulum 2013 menuju Kurikulum Merdeka di MI Negeri 1 Bojonegoro. Pada penelitian ini ditemukan bahwa terdapat beberapa tantangan yang dialami oleh guru maupun sekolah serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tantangan yang dihadapi guru dan sekolah mencakup: guru kesulitan dalam menganalisis Capaian Pembelajaran, kurangnya buku ajar, serta guru masih terbawa dengan suasana mengajar Kurikulum 2013. (2) Upaya yang dilakukan oleh guru dan sekolah dalam menghadapi tantangan tersebut yaitu dengan mengikuti pelatihan atau workshop Kurikulum Merdeka, mengadakan pertemuan rutin kepala sekolah dengan guru untuk membahas hasil temuan, dan melakukan komunikasi atau sharing sesama guru terkait Kurikulum Merdeka. Kata Kunci: Tantangan Guru dan Sekolah, Perubahan Kurikulum, Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Arina Sabila
Date Deposited: 21 Nov 2023 01:35
Last Modified: 21 Nov 2023 01:35
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item View Item